Minggu,20 Nov 2016 20:20 WIB

Penulis: otomotifnet

Otomotif Jelajah Amerika

Kunjungan Ke Pabrik Solar Gard, Head Quarternya Di Sini

  • Foto: Pilot/otomotifnet

    Head Quarternya Di sini

Amerika - Saat melakukan perjalanan tim OTOMOTIF juga berkunjung ke pabrik kaca film Solar Gard Saint Gobain. Bertempat di 4540 Viewridge Avenue, San Diego, California.

“Di sini merupakan head quarter kaca film Solar Gard yang juga dijual di Indonesia. Semuanya diatur di sini,” terang Kendall Combs, Global Marketing Director Saint-Gobain untuk merek Solar Gard saat menerima OTOMOTIF.

Pabrik ini didirikan sejak tahun 1986, merupakan pindahan dari pabrik sebelumnya yang beroperasi sejak 1979. Memiliki fasiltas lengkap, mulai dari R&D, produksi, hingga pengiriman ke manca negara.

“Kami mengutamakan kualitas dengan teknologi terbaru untuk memproduksi kaca film sejernih mungkin tapi bisa menolak panas semaksimal mungkin. Yang kami banggakan adalah teknik Advance Sputtering yang ada di sini,” tambah Kendall.

Secara garis besar ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses produksi dipabrik ini. OTOMOTIF pun berkesempatan melihat langsung proses tersebut di dalam pabrik. Berikut beberapa tahapannya.

Pabrik Solard Gard Saint-Gobain, California Head Quarternya Di sini
Receiving

1. Receiving

Yaitu proses menerima barang berupa high quality clear polyester yang akan diproses menjadi kaca film. Dilakukan pengetesan secara acak agar kualitas bahan baku sesuai standar yang ditetapkan.

Pabrik Solard Gard Saint-Gobain, California Head Quarternya Di sini
Advance Sputtering

2. Advance sputtering

Pada tahap ini bahan yang sudah diperiksa diberi lapisan metal tambahan. Menggunakan teknologi vakum bertekanan tinggi. Bisa diatur sesuai kebutuhan agar hasil lebih maksimal. Selain metal pelapisan juga bisa menggunakan bahan aluminium, titanium, silver dan keramik.

Pabrik Solard Gard Saint-Gobain, California Head Quarternya Di sini
Coating Dan Laminating

3. Coating dan laminating

Setelah mendapat lapisan metal, kaca film tadi mulai diberi lapisan tambahan lainnya. Racikan ini akan menghasilkan kualitas barang yang diproduksi. Pada proses ini pula bisa ditentukan tingkat kegelapan atau keterangan kaca film. Apakah akan menggunakan lapisan bening atau gelap.

Teknik hard coating membuat kualitas yang dihasilkan maksimal. Termasuk anti gores. Untuk itu ruangan juga harus bebas debu dan kotoran. “Makanya ada prsedur khusus untuk menjaga ruangan tetap bersih. Karena akan mempengaruhi kualitas produk,” ucap David Ward, Plant Manager Solar Gard Saint- Gobain.

Pabrik Solard Gard Saint-Gobain, California Head Quarternya Di sini
Performance Testing

4. Performance testing

Pada bagian ini dilakukan performa tes sekaligus quality control, untuk menguji kemampuan kaca film yang dihasilkan. Apakah sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan.

5. Slitting proces

Jika sudah melewati beberapa tahapan tadi, tibalah produk yang sudah dalam bentuk gulungan tadi dipotong- potong. Untuk ukuran biasanya ada 2, 60 inci dan 72 inci. “Indonesia biasanya pakai yang 72 inci,” ujar Kendall. Setelah dipotong siap dimasukan ke dalam kemasan.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top