Rabu,16 Des 2015 19:15 WIB

Penulis: erie

Rally Style

Lampu Kuning Hanya Untuk Tambahan

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

Lampu tambahan berwarna kuning fungsinya bukan sebagai lampu utama

Jakarta- Salah satu tren yang sedang naik daun adalah Rally Style (RaST), di dalam tren modifikasi mobil ini, salah satu menu ubahannya adalah merubah warna lampu utama menggunakan bohlam lampu berwarna kuning pekat. Bisa juga memakai lampu tambahan yang berwarna kuning sekalian.

Tetapi, penggunaan lampu berwarna kuning pekat ini bukannya tidak menimbulkan pertanyaan.

Memang lumrah untuk digunakan di mobil yang turun dalam kompetisi reli, tetapi apakah cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari?  

Menanggapi hal ini adalah Jusri Pulubuhu, Direktur dari Jakarta Defensife Driving Consulting, menyebutkan penggunaan lampu berwarna kuning pekat di mobil harus dilihat dari tipe penggunaannya terlebih dahulu.

“Jika hanya digunakan untuk keperluan show, menurut saya tidak masalah, tetapi jika digunakan untuk keperluan pemakaian rutin jelas tidak cocok dan dilarang oleh peraturan regulasi kendaraan yang berlaku,” wanti Jusri.  

“Dari sisi safety driving sendiri, sebenarnya lampu berwarna kuning ini hanya cocok  digunakan ketika menembus kabut, oleh karena itu lumrahnya foglamp yang memiliki warna kuning pekat bukan lampu utama mobil. Jika digunakan di daerah perkotaan seperti Jakarta, menurut saya kurang tepat," jelasnya lenih lanjut. 

Ditambahkanya lagi, cahaya dari lampu berwarna kuning pekat ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain intensitas cahaya yang  masih dibawah lampu standar bawaan mobil, serta warna lampu yang kurang nyaman untuk pengelihatan bagi pengemudi yang berlawanan arah.  Bob (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

erie

Top