Rabu,16 Des 2015 20:30 WIB

Penulis: erie

Rally Style

Lampu Kuning Kurang Terang

  • Foto: eRie

    Toyota Corolla DX

  • Foto: eRie

    Sebuah Toyota Starlet

Jakarta- Salah satu tren yang sedang naik daun adalah Rally Style, di dalam tren modifikasi mobil ini, salah satu menu ubahannya adalah merubah warna lampu utama menggunakan bohlam lampu berwarna kuning pekat.

Tetapi, penggunaan lampu berwarna kuning pekat ini bukannya tidak menimbulkan pertanyaan.

Memang lumrah untuk digunakan di mobil yang turun dalam kompetisi reli, tetapi apakah cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari?  

Meski kelihatannya punya sorot cahaya yang terang, namun sejatinya sinar lampu kuning bisa dianggap kurang memadai. 

Dandan Wardana, dari dealer resmi Autovision yang praktik di sentra Mega Glodok Kemayoran, Jakpus punya pendapat khusus.

“Dalam menghitung warna lampu juga ada satuannya, yaitu memakai satuan Kelvin. Nah, untuk lampu berwarna kuning pekat berada pada angka 3.000 Kelvin. Sedangkan bagi saya, untuk penggunaan sehari-hari warna lampu yang cocok ada di sekitar 4.300 Kelvin, atau (setara) warna lampu yang standar pabrikan,” ujar Dadan.

“Alasannya, lampu yang dibawah angka 4.300 Kelvin memiliki warna yang kurang cocok untuk digunakan di perkotaan, karena intensitas cahaya yang dapat dikatakan kurang, membuatnya tidak terang untuk menyorot jalanan,” pungkasnya. Bob (Otomotifnet.com)

EDITOR

erie

Top