Jumat,30 Okt 2015 12:50 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Mazda CX-3, Mengintip Pesaing H-RV & Juke versi Diesel

Foto: F Yosi

Mazda CX-3, Mengintip Pesaing H-RV & Juke versi Diesel



Tokyo - Masih menerapkan bahasa desain ‘KODO’ yang dinamis, crossover kompak ini menampilkan desain kap mesin dan lampu utama LED yang tajam dan bagian atap yang melandai membuatnya tampak seperti sebuah coupe.

Dengan dimensi panjang 4.275 mm dan jarak poros roda 2.750 mm. Dipastikan ada lebih banyak ruang untuk pengemudi maupun penumpang di belakang.

Untuk mengakomodasi kebutuhan berkendara, Mazda memberikan pilihan mesin terbaru dengan tenaga 104 dk berkapasitas 1.500 cc SkyActiv-D diesel dan versi mesin bensin 2.000 cc SkyActiv-G. Nahh... OTOMOTIF melongok versi dieselnya di ajang Tokyo Motor Show kali ini.

 

Masih terlihat sama dari saudara kembarnya versi diesel, CX-3 ini juga sudah menggunakan teknologi sasis SkyActiv, dan selain menjadi lebih ringan, konstruksi ini juga sangat aman bagi pengendara. Sekitar 63% bagian mobil dibuat dari baja berkekuatan tinggi dan 29% dari baja berkekuatan sangat tinggi. Bodinya didesain untuk menyerap tenaga sebanyak mungkin saat terjadi kecelakaan.

Mesinnya berkapasitas  1.500 cc dan punya tenaga sebesar 105 dk di putaran mesin 4.000 rpm, dengan torsi 270 Nm di rentang 1.600 sampai 2.500 rpm. 

   

Serunya lagi, selain mesin diesel yang terkenal irit bahan bakar. Untuk pasar Jepang sendiri, CX-3 dilengkapi teknologi All Wheel Drive (AWD). Pasti handling-nya bakal enak banget nih. Lihat saja emblem di sisi kiri bodi belakang.

Interiornya mengingatkan pada saudaranya di Indonesia, All New Mazda2. Mulai dari desain dasbor sampai panel spidometer. Indikator putaran mesin besar di bagian tengah, diapit layar MID di sisi kiri dan kanan yang komplet menampilkan beragam informasi mesin.

  

Sayangnya, saat disinggung apakah versi diesel ini akan meluncur di Indonesia. "Sepertinya masih belum ada di rencana kami, infrastruktur di Indonesia belom memungkinkan untuk membawa produk Mazda versi diesel," ujar Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) yang menemani OTOMOTIFNET selama event TMS. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top