Sabtu,19 Nov 2016 12:25 WIB

Penulis: otomotifnet

Otomotif Jelajah Amerika

Mendengar Langsung Audiofrog Multiseat Stereo.Wow!

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Purwarupa DSP. Baru akan mass aftermarket audio product tahun depan

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Have a nice dinner, cheers

Amerika - Rencana Kedatangan OTOMOTIF ke Amerika, didengar oleh Andy Wehmeyer, Presiden Audiofrog car Audio. “Kita harus bertemu,”tutur Andy yang tinggal di Pasadena, California. Bagai dipucuk ulam tiba, pastinya bakal banyak update terkini dari ‘profesor’ car audio ini mengenai dunia in car entertainment.

Apakah termasuk Audiofrog Multiseat Stereo yang barusan diperkenalkan di KnowledgeFest Trade Show and Conference, Dallas AS? Hari pertama di Amiriki, OTOMOTIF langsung bertemu Andy. Lantas diajak ke Mercedes Benz CLS550 berkelir silver. Aha rupanya disosok coupe ini tertanam sistem multiseat stereo.

Ini ‘barang panas’, tidak banyak jurnalis Amerika yang bisa duduk disini. Di Asia baru OTOMOTIF yang mendengar langsung. Andy menjelaskan, sound system stereo aftermarket dapat terdengar menakjubkan di satu posisi jok, tapi tidak akan bisa menghasilkan suara yang sama hebatnya untuk semua posisi.

Nah teknologi Multiseat Stereo bisa memuaskan semua orang yang ada di mobil. Bisa terjadi dengan kolaborasi oleh PerfectSurround, proses upmixingmulti-channel pemenang penghargaan yang digunakan oleh film-film, penyiaran dan rekaman jempolan di lebih dari 50 negara.

Hal ini dilakukan dengan menterjemahkan stereo standar menjadi audio 6-7 channel tanpa phase artifact, sehingga para insinyur suara dapat menciptakan pengalaman suara yang sama untuk setiap tempat duduk, seperti di teater. OTOMOTIF yang duduk bergantian di kursi driver, kanan belakang dan kiri belakang, dapat merasakan suara yang sama baiknya.

Lebih dari sekadar surround, namun lebih kuat, jernih dan mempunyai efek panggung dari depan. Pengembangan teknologi Multiseat Stereo juga menandakan awal untuk ekspansi Audiofrog. Bekerja sama dengan PerfectSurround, perusahaan binaan Andy Wehmeyer, Gary Biggs dan Marcus Yeo ini berencana untuk memperkenalkan prosesor (DSP) dengan teknologi Multiseat Stereo.

Ssst... Andy membawa sebuah kotak kecil yang kemudian dikenalkan sebagai prototype DSP. Harap bersabar, tahun depan DSP ini berikut power aplifier, baru akan dipasarkan. Tunggu ya! • Bil/otomotifnet.com

Audiofrog Wow, Mendengar Lansung Audiofrog Multiseat Stereo!
Andy dan OTOMOTIF. Terobosan baru akan menggairahkan pasar aftermarket audio

 

Kisah Sang Profesor

 

Kenapa Andy dijuluki profesor? Ini julukan OTOMOTIF saja loh karena Andy menciptakan banyak peranti car audio. Ceritanya lumayan panjang. Pertama kali bertemu Andy saat OTOMOTIF meliput Consumer Electronic Show (CES) 2004 di Las Vegas. Kala itu Andy masih berkarir di Harman International, kondang dengan brand JBL, Harman Kardon hingga Infinity.

Andy bertanggung jawab mengenai pengembangan produk, baik untuk aftermarket dan juga OEM. Seperti prosesor MS-2 dan MS-8. Dirinya juga mengajak OTOMOTIF keliling pabrik Harman di Anaheim, California. Melihat cara pembuatan speaker hingga amplifier.

Di saat bersamaan Andy bertemu Gary Bigs yang tergabung dalam tim Gates, sebuah tim yang dibentuk untuk berlaga keliling Amerika untuk ikut kontes audio. Keren, tercatat hampir dua jumlah jari tangan mereka berhasil meraih predikat juara dunia.
Pada 2014, Andy dan Gary memutuskan bikin brand sendiri.

Yakni Audiofrog, yang dijual ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Produk high end ini mendapat sambutan baik dan juara dalam beberapa kontes sound quality. Andy lantas mengenalkan konsep Multiseat stereo. Yakni konsep jika audio di mobil tidak hanya terdengar enak di posisi pengemudi. Namun dipadu surround system, juga harus terdengar baik bagi penumpang di semua posisi. • Bil/otomotifnet.com
 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top