Kamis,27 Agust 2015 13:04 WIB

Penulis: bagja otomobil

Mesin Dual VVT-i Daihatsu Akan Dipakai Terios Juga

Foto: Bagja

Mesin Dual VVT-i Daihatsu Akan Dipakai Terios Juga


Tangerang - Seperti kita semua sudah tau, Great New Xenia sudah mengusung mesin berteknologi baru, berkapasitas 1.3 liter dengan dukungan Dual VVT-i. Nah, apakah produk selanjutnya juga bakal disematkan teknologi Dual VVT-i?

"Ya, kedepannya Dual VVT-i akan diterapkan ke produk-produk kolaborasi (dengan Toyota) seperti Daihatsu Terios. Hanya tidak sekarang, karena kan Terios juga baru di luncurkan versi facelift," jelas Head of Development Project Pimp Research and Development Astra Daihatsu Motor Satrio Budiutomo.

Sehingga masyarakat hanya tinggal menunggu saja Daihatsu melakukan penyegaran pada Daihatsu Terios, yang salah satu ubahannya akan disematkan mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i. 

"Biasanya untuk engine baru harus melakukan proses minor change, facelift ataupun new model. Jadi begitu ada Terios facelift, maka akan diterapkan Dual VVT-i," tambah Satrio lagi.

Kalau sebelumnya Daihatsu Xenia menggunakan mesin berkode K3-VE berkapasitas 1.298cc DOHC VVT-i, karena ada penyematan Dual VVT-i, maka mesin harus berganti dengan 1NR DOHC berkapasitas sama 1.298. Khusus mesin ini saja yang ditambahi teknologi Dual VVT-i, sementara mesin 1.0 liter masih sama.

Mesin yang sudah menggunakan bahan alumunium dan penambahan Electronic Throttle System ini punya tenaga lebih besar dari mesin sebelumnya, yakni 97 Dk sedangkan mesin lama bertenaga 91 Dk. Sementara torsinya tetap sama yakni 12 kgm. Mesin ini diklaim lebih efisien bahan bakarnya sebesar 15 persen. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top