Rabu,1 Juni 2016 12:30 WIB

Penulis: otomotifnet

Review 25 Tahun Industri Otomotif

Mobil-Mobil Populer di Indonesia. Kekuatan Karakter Jadi Kunci

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Toyota Avanza

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Toyota Great Corolla

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Isuzu Panther

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Suzuki Karimun

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Suzuki Jimny

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Toyota Kijang

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Mitsubishi Kuda

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Mitsubishi Lancer

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Toyota Starlet

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Suzuki Vitara

Jakarta - Selama 25 tahun OTOMOTIF kehadiran mobil baru dari semua baru silih berganti. Sejurus itu juga konsumen mendapatkan berbagai informasi yang semakin banyak sekaligus lebih lengkap sebelum menentukan pilihannya.

Seiring waktu juga pertimbangan soal model, kapasitas mesin, teknologi, fitur dari sebuah mobil berkembang. Tidak lain ya arena perkembangan jaman itu sendiri.

Setiap produk baru yang hadir di Indonesia memberikan semakin banyak detail spesifikasi. Namun, berdasarkan pilihan konsumen serta kejelian APM, selalu ada produk yang bisa disebut sebagai tonggak bersejarah bagi industri otomotif. Apa saja itu? Berikut daftarnya.• (otomotifnet.com) / eRIE

Toyota Starlet

Muncul dengan desain kotak hingga ‘Turbo Look’. Dalam family tree Starlet itu berarti era kehadiran seri 70 dan 80. Hatchback ini bisa disebut sebagai mobil monumental di Indonesia karena desainnya menarik berikut kepraktisan dalam pengoperasian. Tak lupa irit konsumsi bensinnya.

Toyota Great Corolla

Muncul perdana tahun 1993, mobil yang diakrabi sebagai Greco ini, merupakan sedan luks di masanya. Dengan harga awal di kisaran Rp 60 jutaan, banyak dipakai oleh pejabat tingkat menengah pemerintah maupun swasta.

Toyota Kijang

Tidak bisa dipungkiri, muncul perdana tahun 1977 hingga kini Kijang merupakan model khusus Indonesia yang tertua. Tampil sebagai kendaraan serbaguna di periode awal kemudian menjelma menjadi sebuah MPV yang bernama Innova. Tak ada yang tidak tahu seperti apa itu Kijang.

Toyota Avanza

Bersama ‘saudara kembarnya’, Daihatsu Xenia, inilah pelopor segmen LMPV. Menjadi game changer di industry otomotif Indonesia. Saking tenarnya Avanza hingga ada sebutan ‘Satu dari lima mobil di jalan adalah Avanza’.

Suzuki Vitara

Tahun 1993 adalah awal hadirnya SUV ini. Kala itu harganya di kisaran Rp 50 jutaan. Sosoknya yang kokoh berikut transmisi ganda membuat mobil bermesin 1.600 cc banyak mengundang perhatian. Meskipun generasi awalnya banyak punya masalah oli kering.

Suzuki Jimny

Versi terbarunya tahun ini akan muncul dengan model serta teknologi jauh lebih moderen. Seri SJ410 dan SJ413 adalah generasi Jimny yang paling banyak dimiliki oleh konsumen Indonesia. Versi yang lebih ‘murah’ hadir dengan nama Katana.

Suzuki Karimun

Banyak mobil berukuran kecil yang pernah hadir, namun Karimun punya pesona khusus dalam hal kepraktisan pengoperasian serta efisiensi konsumsi BBM. Walaupun desain Karimun yang boxy awalnya kurang mendapat respons.

Isuzu Panther

Ini salah satu dari trio Kijang-Panther-Kuda, yang banyak disuka kosumen yang butuh daya angkut sekaligus imbuhan style. Versi terbarunya, Panther LS Turbo, terakhir muncul tahun 2012. Masih punya peminat di sejumlah daerah.

Mitsubishi Kuda

Sayang usia edarnya tidak panjang (1999-2005). Namun banyak pemujanya yang menyebut kalau Kuda punya karakter daya tahan yang unggul dibandingkan mobil sekelas pada masanya. Varian New Grandia jadi versi penutup Kuda.

Mitsubishi Lancer

Lancer Dan Gan yang muncul di awal ’90-an kemudian diakhiri dengan munculnya model EX. Era 25 tahun OTOMOTIF mencatatkan Lancer sebagai satu sedan yang stylish sekaligus bertenaga.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top