Minggu,15 Nov 2015 19:57 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Mobiletron, Memantau Kondisi Kendaraan Dan Pengemudi Lewat Internet

Foto: Fendi

Mobiletron, Memantau Kondisi Kendaraan Dan Pengemudi Lewat Internet


Taiwan – Sistem keamanan jadi fokus utama Mobiletron Electronics Co., Ltd, perusahaan kedua yang otomotifnet.com kunjungi atas undangan TAITRA (Taiwan Trade Center) menjelang Taipei Int’l Auto Parts & Accessories Show (TAIPEI AMPA), April 2016.

Terletak di distrik Ta-Ya, Taichung, kawasan pantai Barat Taiwan, selama hampir 30 tahun Mobiletron Electronics bergerak di bidang elektronik kendaraan. Selain di Taiwan sebagai pusatnya, Mobiletron memiliki pabrik di Inggris, Amerika, Tiongkok dan Brasil.

Diversifikasi produk adalah kekuatan dan karakteristik Mobiletrone yang meliputi sistem pengisian, sistem pengapian, TPMS (tire pressure monitoring system), kamera di kaca spion dan sebagainya. Memiliki lebih dari dua ribu produk berbeda.

Di samping itu, Mobiletrone juga mendapat reputasi baik pada alat-alat listrik yang dibuatnya (sepeti bor, kamera untuk mendeteksi di tempat yang sulit dilihat dan lain-lain), dengan keunggulan efisiensi dan berkualitas melalui inovasi alat kontrol digital yang dimiliki.

Kim Y.C. Tsai, tekanan angin ban dan suhu bisa dimonitor pada dasbor

Lewat inovasi berpengalaman, sistem keamanan kendaraan yang diproduksi Mobiletron telah dipasarkan secara global ke berbagai negara dan meningkatkan keamanan dalam berkendara.

Terutama produk kamera sudut lebar 200 derajat yang memenangkan AutoTronics Innovation Award pada 2009 dan TPMS meraih SEMA Global Media Award Winner pada 2007 di Amerika. Mobiletrone juga satu-satunya produsen dari Taiwan yang diundang menjadi anggota komite TPMS Standards Tiongkok.

“Volume penjualan lebih dari 10 juta produk setiap tahun. Kami telah mengekspor produk ke lebih dari 100 negara,” kata Kim Y.C. Tsai, chairman & CEO Mobiletron di hadapan 8 media dari 7 negara, termasuk otomotifnet.com, hari Selasa (10/11).

Produk yang saat ini dibanggakan adalah penggunaan jaringan 4G yang teknologinya kian populer. Mobiletrone pun meluncurkan pengembangan dari solusi industri IoV (Internet of Vehicles).

“Lewat IoV, bisa melakukan hubungan real time mengenai informasi di kendaraan untuk mendapatkan informasi pengemudi melalui video dan komunikasi suara dengan koneksi yang mulus,” jelas Kim sambil memperagakan dirinya menghubungi salah satu pekerjanya yang sedang mengantar barang.

Memantau kondisi kendaraan sekaligus berkomunikasi dengan pengemudi

Pada layar lebar tampak kondisi tekanan dan temperatur ban kendaraan yang dikendarai karyawannya, kondisi barang yang dibawa, keadaan sekitar kendaraan (menggunakan kamera sudut lebar), sekaligus berkomunikasi dengan sopir melalui video berkualitas tinggi. Keren.

Kim bisa mematau dari smartphone miliknya, jadi pengawasan bisa dilakukan setiap saat. Ia juga dapat memantau aktivitas kerja mesin dan karyawan di pabriknya. Semua ini demi efisiensi kerja dan meningkatkan keamanan. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top