Selasa,2 Agust 2016 08:14 WIB

Penulis: otomotifnet

MPV WORLD 2016

MPV World 2016: All New Nissan Serena, Travelling in Style?

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Travelling in Style?

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Jika jok belakang dilipat, kapasitas bagasi meningkat

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    5 Fungsi Arm rest All New Nissan Serena yang paling keren banget

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Posisi jok bisa digeser, untuk memudahkan keluar masuk

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Dasbor lebar dan kaca depan landai, bikin lapang

Secara tampilan All New Nissan Serena Autech memang MPV yang terlihat elegan sporty.  

Jakarta - Kesan itu muncul dari penampakan gril besar full chrome yang dikombinasi dengan head lamp yang stylish. Selain itu lampu belakang LED di desain seperti kristal yang juga bikin tampilan lebih keren. Kesan elegan juga terlihat dari pemakaian pelek berukuran 16 inci dengan desain baru.

Dikombinasi bumper depan belakang besar dan dilengkapi spoiler. Begitu pula bodi samping, bagian bawahnya dibuat seperti side skirt yang garis desainnya tersambung dari bumper depan ke belakang. Hal ini membuat tampilan All New Nissan Serena Autech terlihat lebih besar dan ceper. Memang kelihatan gaya, tetapi kira-kira nyaman enggak ya buat di jalan?

Sementara saat masuk ke dalam kabin, kesan lapang memang sangat terasa. Terutama buat yang duduk di depan. Hal ini lantaran dasbor yang lebar yang dipadukan dengan kaca depan yang besar. Pandangan ke depan pun jadi lebih lega. Sementara untuk belakang, mampu menampung hingga 6 orang penumpang.

Hal ini berkat sandaran tangan jok tengah yang memiliki banyak fungsi (lihat boks). Kesan lapang semakin terasa jika penutup panoramic roof dibuka.  Sepetrtinya sih enak juga kalau buat dipakai ke luar kota. Jarak antara jok yang lebar bikin penumpang duduk lebih nyaman.

Apalagi jok tengah bisa dibuat terpisah jika arm rest-nya digeser ke depan. Memudahkan keluar masuk penumpang dan barang, ukuran pintu terbilang besar.

Khusus bagian samping, membukanya cukup dengan menarik tuas, dan pintu akan terbuka serta menutup secara otomatis karena sudah motorized. Bisa juga dilakukan dari ruang pengemudi dengan menekan tombol yang ada di dasbor samping kanan setir.

Salah satu peserta MPV World 2016 ini menggunakan dapur pacu berkapasitas 1.997 cc direct injection. Mesin berkode MR20 ini mampu menyemburkan tenaga hingga 146 dk pada putaran 5.600 rpm. Tenaga sebesar itu bisa dihasilkan berkat mesin berkonfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 katup berteknologi Continuously Variable-valve Timing Control  (CVTC).  

Bukaan katup masuk dan buang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kecepatan dan putaran mesin, sehingga lebih efisien dan bertenaga. Kecanggihan mesin All New Serana tidak akan maksimal jika tidak menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai pula. Lantaran kompresi mesin di angka 9,9 : 1 maka mobil yang bisa menampung hingga 8 orang penumpang ini butuh BBM dengan RON 92.

Salah satu produk yang tersedia adalah Pertamax 92 dari Pertamina. Bahan bakar ini memang dibuat khusus untuk mobil-mobil yang telah menggunakan mesin canggih dengan rasio kompresi di antara 9,1 – 10,1.   Selain itu Pertamax dilengkapi dengan zat aditif yang berperan sebagai pembersih. Sehingga ruang bakar, injektor dan komponen lainnya tetap baik dan bisa berkerja maksimal.

Saat dipakai ke Puncak, Bogor, saat di jalan tol Jagorawi suspensi mobil memang stabil dan nyaman. Dengan jumlah penumpang 7 orang redamannya lembut dan mantap, tidak mengayun. Cuman jadi sedikit ribet saat melewati jalan tidak rata atau polisi tidur. Harus hati-hati karena ground clearance yang rendah membuat bagian kolong sering mentok.

Untuk tenaga mesin, memang harus injak pedal gas lebih dalam agar mobil bisa bermanuver sesuai keinginan. Seperti saat melalui jalan menanjak dan ketika hendak menyalip kendaraan lain.
    
Serunya Bisa ‘Ngegas’ Pakai Jempol

Salah satu yang bikin asyik berkendara dengan All New Nissan Serena adalah bisa ‘ngegas’ menggunakan tangan saat di jalan bebas hambatan. Bisa begitu lantaran All New Nissan Serena yang digunakan telah menganut sistem cruise control (CC). Sehingga kaki bisa istirahat sejenak dari menginjak pedal gas.

Paling seru saat melaju di jalan tol Cipali. Trek yang panjang dan lurus adalah lokasi yang tepat untuk menjajal sistem ini. Mengaktikannya pun cukup mudah, semua tombol cruise control ini berada di palang setir sebelah kanan.

Langkah pertama saat hendak mengaktifkan adalah pastikan kondisi jalan memungkinkan. Atur kecepatan di atas angka 40 km/jam. Lalu tekan tombol on/off di kanan setir untuk mengaktifkan cruise control. Serunya lagi menaikan dan menurunkan kecepatan bisa menggunakan tuas CC di atas tombol on/off tadi.

Jadi kalau mau akselerasi tinggal naikan tuas, sedangkan jika ingin menurunkan kecepatan tekan tuas ke bawah. Cukup menggunakan jempol saja... Tapi untuk menggunakan tuas tadi harus diaktifkan terlebih dahulu.

Caranya, setelah tombol on/off diaktifkan, tekan tuas CC ke bawah. Akan muncul tulisan set di samping tulisan cruise di dasbor. Artinya tuas siap digunakan. Untuk menonaktifkannya cukup tekan tombol cansel di atasnya. Setelah itu tekan tombol on/off. Sistem ini juga akan otomatis tidak berfungsi jika pedal rem diinjak.

5 Fungsi Arm Rest All New Nissan Serena Yang Keren Banget

Arm Rest di All New Nissan Serena yang terpasang di tengah jok baris ke dua ternyata memiliki banyak fungsi yang membuat penumpang menjadi lebih nyaman di perjalanan. Tidak hanya untuk kenyamanan, tetapi juga memudahkan penumpang terutama si kecil untuk berpindah dari belakang ke tengah. Ini menjadi salah satu kelebihan mobil yang terlibat dalam MPV World 2016 ini.

Pertama, jika sandaran tangannya diangkat dan dijadikan satu dengan jok baris kedua, kursi akan menjadi lebar dan bisa untuk menampung 3 orang penumpang. Ke dua, jika tutup sandaran dibuka dan di turunkan bisa digunakan sebagai sandaran tangan buat penumpang.

Ke tiga, kalau sandaran diturunkan atau dilipat ke depan semua, fungsinya bertambah. Enggak Cuma sebagai sandaran tangan, tetapi ada tempat untuk menaruh minuman dan makanan. Juga ada laci kecil dibawahnya.

Ke empat, jika ingin ke luar masuk jok belakang, arm rest ini bisa digeser hingga sejajar dengan kursi depan. Jadi penumpang belakang aksesnya jadi lebih mudah. Ke lima, saat berada sejajar dengan jok depan, sandaran di lipat sehingga bisa menjadi console box buat menaruh barang bagi pengemudi dan penumpang depan.

Data Spesifikasi:

Nissan Serena Autech CVT
Mesin: MR20DD 4-silinder segaris, DOHC, 16 katup
dengan Direct Injection dan Twin VTC
Kapasitas Mesin: 1.997 cc
Rasio Kompresi: 11,2 : 1
Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Depan
Output Maksimum: 145 dk @ 5.600 rpm
Torsi Maksimum: 206 Nm @ 4.400 rpm
Transmisi: Otomatis CVT
Radius Putar: 5,7 m
Sistem kemudi: Power Assisted Steering
Suspensi Depan: Independent MacPherson Strut
dengan Stabilizer
Suspensi Belakang: Torsion Beam dengan Stabilizer
Rem Depan / Belakang: Cakram Berventilasi /
Cakram dengan ABS, EBD, BA
Ukuran Ban: 195/60 R16
Kapasitas Tangki: 60 liter
Harga: Rp 453.100.000 on the road Jakarta

All New Nissan Serena Travelling in Style?
Data Spesifikasi

 

   

 

EDITOR

Bagja

Top