Jumat,20 Nov 2015 16:15 WIB

Penulis: otomotifnet.com

Nissan Zama Heritage Collection Warisan Budaya Penuh Tenaga

Nissan Zama Heritage Collection Warisan Budaya Penuh Tenaga

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Ini adalah deretan pertama generasi Datsun

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Ada juga mobil listrik yang khusus dibuat hanya satu buah untuk keperluan arak-arakan pemain soft ball

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Kawasan ini khusus untuk yang pernah ikut reli dunia

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Silahkan pilih sendiri mau foto dengan mobil apa...

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Tidak semua pengunjung mendapat kesempatan menjajal mobil yang disimpan di sini. Kerenkan...

  • Foto: PILOT/otomotifnet.com

    Nissan Patrol versi 1960-an bermesin 6 silinder 4000 cc

Awalnya hanya ada 1 mobil koleksi. Saat ini terkumpul 400 unit dengan nilai tidak terkira.

Tokyo - Di sela-sela kunjungan ke Tokyo Motor Show 2015 atas undangan PT Nissan Motors Indonesia, OTOMOTIF berkesempatan mengunjungi pula Nissan Zama Heritage Collection. Berlokasi di Kanagawa, Jepang. Di lokasi ini tempat disimpannya warisan budaya mobil-mobil bersejarah produk Nissan dan Datsun. Ada yang memang sekadar buat harian hingga dibuat khusus penuh tenaga untuk reli dan balap.  

Butuh waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan mobil dari Tokyo. Dimulai pada tahun 1954, museum ini hanya memiliki 1 mobil yang di pajang. Yaitu Datsun 1933 model 12 Phaeton. “Dulu lokasi ini memang digunakan untuk menyimpan mobil dan untuk kegiatan pameran sewaktu-waktu,” terang Ryuji Nakayama, Global Marketing Communication Department Zama.

Sekarang di lokasi ini tersimpan sekitar 400 lebih mobil-mobil terkenal produk Nissan dan Datsun. Dari mulai dari produksi pertama Datsun tahun 1933, yaitu Datsun 12 Phaeton hingga produk terbaru. “Koleksi tidak hanya mobil penumpang, tetapi juga truck, van, mobil listrik, mobil balap, pemadam, polisi dan lainnya,” tambah Ryuji. Nilainya tentu sudah tidak terkira.

Saat ingin masuk, pengunjung di kumpulkan di depan rolling door mirip garasi di rumah. Setelah itu pintu akan dibuka secara motorized ke atas. Seakan-akan pengunjung di ajak masuk ke dalam garasi yang sangat besar. Perlahan-lahan akan terlihat isi ruangan yang dipenuhi oleh mobil-mobil yang berjajar rapi dan sangat terawat.

Mobil yang dipajang sengaja dibuat urut dari tahun lawas hingga yang baru. Sehingga pengunjung bisa mengikuti perkembangannya. Di depan setiap mobil terpajang data spesifikasi, di beberapa titik ada papan yang menjelaskan periode perkembangan produk Nissan dan Datsun tersebut.

Asyiknya, ada 3 mobil yang bisa dirasakan oleh pengunjung. Tapi tentu saja tdak dibawa sendiri, tetapi hanya duduk di kursi penumpang. Pengemudinya adalah tim dari museum. Ke tiga mobil itu adalah Nissan Skyline 2000GT-R generasi pertama tahun 1969, kemudian Datsun 15 Roadster 1939  dan Datsun 210 1958 yang pernah ikut Around Australia Rally. Pilot (otomotifnet.com)

EDITOR

advetorials

Top