Kamis,25 Agust 2016 10:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Otomotif Traveling Brussels, Terpesona Di Jantung Eropa

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 4

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 5

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 6

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 7

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 8

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 9

Belgia - Kalau Anda ke Eropa, jangan lupa mampir ke Belgia. Sebuah negara di bagian barat benua Eropa, terletak antara Belanda dan Perancis. Tidak salah kalau Uni Eropa memilih Brussels sebagai ibu kotanya. Di sini bangunan kuno khas arsitektur bergaya Eropa yang detail dan menakjubkan terawat dengan baik. Membuat kita terpesona ketika berada di jantung Eropa ini.

Sebab banyak lokasi wisata yang wajib didatangi. Seperti yang kami temui saat berjalan-jalan di sini di sela-sela launching Pertamax Turbo di Belgia (28-30/7). Simak foto-foto di bawah ini.


1. Atomium.

Bangunan modern yang menyerupai simbol ikatan atom kristal besi yang telah diperbesar 169 milyar kali.  Terletak di dekat stadion Heysel di pinggiran kota. Tersusun dari 9 bola baja stainless steel berdiameter 18 meter tersambung dengan tabung baja berdiameter 3 meter, tingginya mencapai 102 meter. Dalam ruangannya dipergunakan sebagai tempat pameran, hall dan restoran. Bangunan unik ini dibangun dalam rangka World Fair Brussels pada tahun 1958.

2.Grand Place Square.

Kompleks kota tua yang sudah ditetapkan  oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia terletak di tengah – tengah kota Brussel. Situs bangunan dengan arsitektur kombinasi antara gothic dan barok. Louis XIV  mulai mendirikan pada abad ke sebelas. Alun–alun ini dikelilingi bangunan utama yang megah dan anggun seperti Town Hall, King House, Le Pigeon dan La Maison des Boulangers.

3. Mannekin Pis.

Patung legendaris bocah pipis terbuat dari perunggu ini terletak tidak jauh dari Grand Place Square, sekitar 2 blok. Letaknya nyempil di sudut jalan, ukurannya juga tidak terlalu besar, hanya 61 cm. Patung ini terkenal dan menjadi ikon wisata kota Brussels. Banyak versi tentang legenda Manneken Pis ini, mulai dari cerita hilangnya anak kecil, ketika ditemukan sedang pipis. Atau versi lain yaitu bocah yang memadamkan kebakaran dengan air kencingnya dan versi yang terpopuler adalah cerita bocah yang menyelamatkan kota karena mengencingi sumbu bom yang akan meledakkan kota.

4. Waffle.

Kurang nikmat rasanya jalan jalan kalau tidak sambil ngemil. Di sekitar patung Mannekin Pis banyak toko yang menjual aneka makanan ringan dan yang paling terkenal adalah kue waffle. Tersedia banyak rasa, coklat, ice cream dan buah buahan dengan harga tidak terlalu mahal.

5. Penyewaan sepeda.

Mau bersepeda keliling kota? Tenang… Villo, sebuah perusahaan rental sepeda telah menyediakan 2.500 buah sepeda tersebar di 180 titik dekat dengan stasiun transportasi umum. Transaksinya dengan menggunakan kartu bank atau kartu kredit dengan biaya sewa 1,60 Euro per hari atau sekitar Rp 24 ribu atau 7,65 Euro perminggu (sekitar Rp 112 ribu). Jalanan kota Brussels cukup nyaman dan bersahabat, banyak rambu dan jalur khusus untuk bersepeda.

6. Trem.

Salah satu moda transportasi publik yang melayani masyarakat kota Brussel adalah kereta listrik. Giatnya pembangunan di sektor ini menjadikan kota Brussel masuk dalam jajaran sepuluh kota di dunia dengan sistem trem terbesar. Sistem trem Brussels terdiri dari 17 jalur baik di atas maupun bawah tanah, dengan panjang 138,9 km.

7. Taman Kota.

Tak heran kalau ibu kota belgia ini masuk sebagai ibu kota paling hijau di Eropa. Banyak taman terbuka dengan pepohonan rindang di kota ini, dilengkapi dengan patung dengan arstitektur yang menarik.  

8. Belgian Prince.

Dahulunya berdiri sebuah kedai “the Belgian Prince”. Di sinilah pada September – Oktober 1959, Multatuli atau yang dikenal dengan nama Edward Douwes Dekker menulis karya besarnya “Max Havelaar” yang berisi kritik atas perlakuan buruk para penjajah terhadap orang-orang pribumi di Hindia Belanda. Plakat peringatan ini terletak di jalan rue de la Montagne No. 80.

9.Smurf.

Banyak toko cindera mata di sepanjang  lorong menuju Grand Place Square. Tapi yang paling mencirikan Belgia adalah Smurf. Bermacam pernak pernik dan action figure tentang Smurf dalam berbagai aktivitasnya banyak dijual disini.  Oh iya… Tokoh komik berkulit biru ini diciptakan oleh kartunis asal Belgia, Peyo.  

   

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top