Rabu,30 Des 2015 16:13 WIB

Penulis: parwata

P3K Mobil-Motor Mutlak Tersedia

P3K Mobil-Motor Mutlak Tersedia

Foto: TYO/otomotifnet

P3K Mobil-Motor Mutlak Tersedia

Jakarta - Berbagai hal yang tak diprediksi bisa saja terjadi, mulai dari ban pecah, kerusakan mekanis, kendurnya baut dan sebagainya. Menepikan kendaraan tanpa perhitungan sangat berisiko. Itulah mengapa diperlukan perlengkapan roadside emergency kit yang bisa menolong disaat kondisi darurat. Bisa dikatakan perlengkapan ini layaknya sebuah ‘P3K’ untuk mobil dan motor.

Selain dapat melengkapi secara satuan, kini telah banyak beredar roadside emergency kit yang dijual satu set. Diantaranya kabel jumper aki, senter, tire pressure gauge, segitiga pengaman, tang kombinasi, towing model strap dan sebagainya.

Di luar yang disebutkan tersebut, masih banyak lagi perlengkapan yang sejenis. “Seluruh perlengkapan ini semestinya tersedia untuk digunakan dalam segala kondisi. Minimal bisa menolong sesaat ketika terjadi masalah di jalan. Sehingga dapat membantu safety berkendara,” ungkap Sony Susmana, instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Apa saja? Berikut di absen satu-persatu.

 Manual Book

Sebetulnya bisa dikatakan sebagai ‘buku sakti’ yang menjabarkan detail mengenai seluk-beluk kendaraan. Nah, dari manual book tersebut maka anda dapat mengetahui posisi setiap komponen sehingga tidak salah dalam melakukan solusi cepat ketika terjadi masalah.

P3K Mobil-Motor Mutlak Tersedia
Kunci-Kunci

 

Kunci-Kunci

Seperti diketahui tiap mobil dan motor baru telah disertakan tool kit sebagai perlengkapan standar yang mutlak tersedia. Tetapi sayangnya masih kurang komplit dan representatif. Di sentra tools banyak dijual tool kit yang dikemas dalam wadah khusus sehingga tak mudah tercecer. Dalam satu set, dikelompokkan berdasarkan jumlah item-nya. Misalnya 18 buah, 36 buah, hingga 100 buah.

Alat Pemadam Api (APAR)

Perangkat ini nyatanya paling sering dilupakan, padahal fungsinya sangat vital tersedia di kabin mobil. “APAR harus tersedia, untuk mobil pakai ukuran 2,5 kg dan berbentuk cairan,” sebut Sony lagi.

Dongkrak

Perlengkapan dongkrak sebetulnya sudah tersedia sebagai bawaan mobil baru. Tak jarang, kondisi dongkrak sudah hilang atau rusak, sebaiknya sediakan dongkrak baru yang banyak tersedia di pasar aksesori dan tools.

Tire Repair Kit

Di toko perkakas banyak tersedia. Isinya mencakup alat tambal ban beserta bahan penambalnya. Nah, agar lebih komplit bisa ditambahkan pompa angin portable. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top