Senin,21 Sept 2015 09:01 WIB

Penulis: pewete pewete

Panduan Ringan Belanja Aksesoris Mobil Ekonomis Ditengah Krisis

Foto: HADI

Panduan Ringan Belanja Aksesoris Mobil Ekonomis Ditengah Krisis


Jakarta
- Meski hampir semua kebutuhan pokok otomotif sudah mulai naik ketika krisis ekonomi di depan mata, tapi bukan berarti Anda berhenti berbelanja. Bila kebutuhan servis dan aksesori sudah tidak mungkin diundur, ada baiknya Anda perhatikan saran dari pegiat otomotif ini.

“Ada banyak peranti atau aksesori murah meriah dengan kualitas yang bisa terjaga. Apalagi kedekatan customer dengan toko biasanya memperlancar sesuatu bila ada masalah di kemudian hari,” jelas Wijaya dari Mustika Jaya, Serpong, Tangsel.

Hal senada juga dilontarkan Christoper, Direktur Masterpiece Indonesia, selaku Agen Pemegang Merek kaca film Masterpiece di Indonesia. “Saat ini banyak pemain aksesori termasuk kaca film yang menghadirkan varian kelas ekonomis sehingga harga lebih terjangkau dan tentunya secara kualitas masih bisa dipertanggungjawabkan karena bisa mempengaruhi nama baik importir,” ungkapnya.

Sementara itu Ruslan, punggawa Tepat Motor, bengkel servis mobil di area BSD Autoparts, Tangsel, ikut mengamini, bahwa mencari komponen atau aksesori alternatif, bisa menjadi pilihan smart buying. “Bukan saja komponen KW yang bisa didapat dengan harga terjangkau, tetapi juga kompresor AC copotan juga bisa menjadi pilihan,” jelasnya.

Nah, kalau Anda setuju dengan pendapat tersebut di atas, inilah komponen, aksesori , serta jasa yang bisa Anda dapatkan ketika anggaran terbatas. • (otomotifnet.com)



Head unit. Saat ini banyak head unit single DIN dengan segudang fitur yang ditawarkan berbanderol di bawah Rp 700 ribu. Mulai dari kepingan CD/DVD hingga compatible dengan USB. Menariknya lagi tidak sedikit gerai audio yang juga menjual versi standar mobil berstatus bekas yang tentunya secara harga juga jauh lebih murah ketimbang membeli baru.



Perbaikan dan pengecatan bodi bisa dilakukan di gerai cat ternama atau bengkel resmi. Namun, bila dana terbatas, silakan ke sentra-sentra onderdil yang bisa memberikan harga lebih terjangkau. Semisal untuk perbaikan satu panel untuk cacat ringan termasuk biaya pengecatan di bengkel resmi, estimasi harga bisa Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu. Sementara di sentra komponen dengan pengerjaan yang sama hanya Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu tiap panelnya.



Setir dan grill limbahan menjadi solusi menarik ketika tampilan keduanya di mobil Anda sudah terlihat tidak layak pakai. Namun, biasanya kedua komponen tersebut dibutuhkan untuk kesempurnaan sebuah restorasi mobil.



Ragam lampu copotan juga menjadi solusi ketika Anda membutuhkan headlamp, rearlamp, dan foglamp dengan harga jauh di bawah harga lampu baru. Di samping lampu copotan, biasanya gerai dalam satu lokasi juga menyediakan jasa servis dan membersihkan lampu.



Jangan ragu membeli komponen KW atau kualitas kedua. Selain kualitas sudah teruji di pasar puluhan tahun, urusan harga juga tidak mencekik. Estimasi harga bisa terpaut 25 hingga 45 persen lebih murah daripada versi orisinal.



Kaca film dengan harga di atas Rp 3 juta untuk semua sisi memang banyak ditemui. Namun, ada juga varian yang diganjar murah, yaitu hanya Rp 500 ribuan. Tetapi jangan tertipu dengan produk murahan yang sesungguhnya hanya sebagai pemanis kaca tanpa mampu mereduksi cahaya matahari yang masuk.



Pelapis jok dengan motif kombinasi untuk dua hingga tiga baris bisa gunakan yang semikulit. Harganya bisa di bawah Rp 3 juta dan minim perawatan. Sementara yang kulit asli bisa di atas Rp 5 juta.

EDITOR

Otomotifnet

Top