Jumat,23 Okt 2015 13:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Panduan Ringan Pilih Oli Mobil Sesuai Kebutuhan

Foto: Rian

Panduan Ringan Pilih Oli Mobil Sesuai Kebutuhan



Jakarta
- OTOMOTIF Service Station (OSS) kali ini akan memberikan panduan ringan tentang pengetahuan oli secara sederhana. Yaitu mengetahui bagaimana karakteristik oli. “Dimana ciri-ciri yang bagus bisa dilihat secara visual, seperti pengecekan setelah pemakaian beberapa lama.

Ada  beberapa ciri khas oli yang bagus,” buka Sukandi Endah selaku kepala bengkel OSS yang beralamat di Jl. Panjang 8A, Kebon Jeruk, Jakbar. Pemakain oli pada masing-masing mobil berbeda-beda tentunya. Tergantung pemakaian dan kualitas oli.

Semisal kendaraan yang setiap hari dipakai  atau untuk kendaraan daily use jarak pendek ataupun untuk kebutuhan dengan mobilitas tinggi. Seperti pemakain luar kota atau jarak jauh. “Contohnya oli untuk jenis mobil bensin, bisa dicek secara visual dengan cara sederhana.

Caranya buka stik oli dan taruh di tangan, jika kasar di  tangan artinya sudah kotor. Termasuk warna oli, jika cepat hitam berarti kualitas oli kurang bagus,” papar Ridho pemilik bengkel Ridho Variasi, Banjarnegara. “Antisipasinya bisa pakai Pertamina Fastron 10W-40 SL,” tambahnya lagi.

Jenis oli yang bermutu membuat kondisi mesin selalu prima, “Atau bisa pilih Pertamina Prima XP 20W-50 SL, mesin tetap adem walaupun perjalanan  jauh,” jelasnya lagi. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Otomotifnet

Top