Sabtu,1 Okt 2016 10:00 WIB

Penulis: Ferdi

Parkirin, Aplikasi Bikin Gampang Cari Parkir

Foto: Ferdi

Aplikasi Parkirin dari Telkomsel

Bekasi- Cari slot parkir di keramaian kini makin gampang berkat aplikasi parkir yang dikembangkan oleh Telkomsel, yaitu Parkirin.

Fungsi aplikasi ini memang untuk memudahkan pengemudi mendapatkan slot parkir.

Ari, petugas Parkirin di Bekasi Cyber Park (BCP)  yang menerapkan aplikasi ini mengatakan, adanya Parkirin memudahkan orang untuk mendapatkan parkir sebelum sampai di mall, jadi enggak perlu lagi muter-muter cari parkir.

"Baru sebulan di sini dan masih ada promosi sampai 22 Oktober. Jadi yang pakai ini (Parkirin) gratis parkir di area kita," ujarnya saat ditemui otomotifnet.com (29/8).

Parkirin dari Telkomsel
Aplikasi Parkirin dari Telkomsel diterapkan di beberapa mall di Jakbodetabek

 

Dengan aplikasi ini, enggak seperti biasa, sekarang nyari parkir tinggal download aplikasinya, sign up, lalu pilih mau parkir di mall mana.

Tahap selanjutnya adalah masukkan nomor HP dan nomor pelat.

Setelah itu, data akan terkirim ke petugas Parkirin yang ada di lokasi dan pengguna akan mendapatkan barcode.

Sampai di tempat parkir, barcode tersebut akan discan oleh petugas sebagai bukti sudah memesan parkir.

"Kalau di sini kurang lebih ada 20 slot parkir. Lalu, pembayaran nantinya akan melalui T-Cash. Tapi, kalau pemesan atau pengguna terlambat 2 menit, pemesanan akan hangus dan harus pesan ulang," ungkap Ari.

Menurut Hasmi, pengunjung sekaligus pengguna Parkirin di BCP, aplikasi ini berguna baginya karena sekarang susah mencari parkir, apalagi pada sore hari.

Tapi, ia mengeluhkan fitur-fitur yang ada di Parkirin.

"Bagus sih. Cuma masih banyak yang belum familiar. Kadang-kadang masih bingung sama fitur. Kalo bisa fiturnya lebih dibikin simpel lagi supaya lebih bagus. Mungkin 1 atau 2 kali pencet aja biar simple," kata Hasmi.

Lalu, biaya parkir ini beda dengan biaya parkir gedung, jadi bayarnya 2 komponen. Bayar Parkirin dan bayar parkir gedung. Hal ini diungkapkan oleh Herman, yang juga petugas Parkirin di BCP.

"Ini sama saja dipermudah untuk mencari parkir, jadi maklum ada tambahan biayanya. Seperti VIP," jelas Herman.

Untuk biaya dan lokasi Parkirin, bisa dilihat di aplikasinya. Tiap mall berbeda-beda, kisaran Rp 3 - 4 ribu perjamnya.

Selain di BCP, Parkirin juga ada di Kuningan City, FX Sudirman, Gandaria City, Summarecon Mall Serpong, Emporium Pluit, Pondok Indah Mall dan mall lainnya. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top