Senin,9 Mei 2016 13:13 WIB

Penulis: otomotifnet

Pasang Kamera 360 Derajat, Hampir Semua Mobil Bisa

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Bila belum ada dudukan aslinya, spion perlu dibor untuk memasukkan kamera

Jakarta - Awal kemunculannya, kamera yang menghasilkan tampilan 360 derajat dari 4 kamera, hanya eksklusif sebagai fitur mobil mahal. Kini, teknologi tersebut sudah diadopsi beberapa mobil yang lebih mainstream, seperti All New Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe 2016 Limited, All New Toyota Alphard 2.5 dan Vellfire.

Nah, sekarang yang belum ada pun sudah bisa pasang Kamera 360 Derajat  loh. Berupa 4 kamera dan sebuah modul yang dikoneksikan ke head unit dengan layar yang kompatibel, device ini dapat membawa fitur tampilan mata burung hampir ke semua jenis mobil. “Ya hampir semua mobil bisa, terpenting HU ada input kameranya,” terang Kartolo Saimin, owner gerai Dharma Audio di Gunung Sahari,

Jakut. Bagi yang belum familiar, cara mudah untuk mengetahui HU yang ada input kamera adalah yang sudah bisa dipasang kamera mundur standar. Mesti kalibrasi saat pemasangan, gambar dari keempat kamera pun dijahit, seakan terlihat seluruh sisi mobil dari atas ketika dimasukkan ke transmisi R. Kamera samping pun bisa aktif ketika lampu sein dinyalakan. Soal harga, banderolnya berbeda-beda.

“Kalau untuk mobil Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW yang sudah ada layar bawaannya itu Rp 8 jutaan, karena harus edit interface-nya lagi,” tambah pria yang akrab disapa Akang ini. Harga tersebut juga berlaku untuk All New Toyota Alphard keluaran PT. Toyota Astra Motor varian terbawah, karena harus mengganti AV Input terlebih dahulu, sedangkan untuk Alphard-Vellfire versi importir umum, cukup keluarkan Rp 5,5 jutaan.

Untuk mobil yang spionnya sudah punya dudukan untuk kamera seperti pada All New Toyota Fortuner dan Kijang Innova, maka tidak perlu pengeboran lagi dan harganya pun dipatok Rp 5 jutaan. Sedangkan untuk versi universal, yang perlu dibor di spion untuk meletakkan kamera samping dan menggunakan HU universal, cukup siapkan Rp 4 jutaan saja. Untuk pemasangan, misal Toyota Alphard hanya butuh 4 jam, sedangkan jenis universal perlu menginapkan mobilnya 1-2 hari ya. • (otomotifnet.com)

Dharma Audio: 021-6408005

EDITOR

Bagja

Top