Selasa,29 Maret 2016 18:50 WIB

Penulis: Arief Aszhari

INAPA 2016, Kemayoran

Pemerintah Berharap Ada Lokalisasi Komponen Baru

Foto: Arief

INAPA 2016 di JIExpo, Kemayoran

Jakarta- Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian berharap lewat pameran komponen terbesar di Asia Tenggara, INAPA 2016, bisa lebih mengembangkan industri komponen dalam negeri.

Terlebih, mulai tahun depan pabrikan mobil asal China, SGMW memulai produksi kendaraannya di Indonesia dan pasti membutuhkan banyak industri komponen.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian RI, I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan ada dua kelompok besar komponen.

Yaitu komponen utama dari kendaraan bermotor dan juga komponen non-utama.

"Diharapkan dalam pameran ini ada komponen utama yang diproduksi di Indonesia. Jadi, diharapkan ada kerjasama sehingga produsen komponen luar negeri tidak hanya menjual tapi juga melakukan lokalisasi dari produk tersebut di sini," papar Gusti Putu di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (29/3).

Lebih lanjut Putu menjelaskan, melalui pameran ini harus adanya identifikasi lebih lanjut terkait komponen yang memang bisa dilakukan proses lokalisasi di Tanah Air.

"Dengan banyaknya komponen yang diproduksi secara lokal, maka tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dari sebuah produk bisa lebih ditingkatkan," pungkasnya.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top