Senin,7 Maret 2016 12:00 WIB

Penulis: billy

LTT Produk Aftermarket

Perlukah Kampas Rem Baru di Tes Jalan Biar Pakem?

Foto: Billy

Perlukah Kampas Rem Baru di Tes Jalan Biar Pakem?

Gresik - Baru saja mengganti rem mobil Anda dengan brake pad atau brake shoe baru, masihkah ada pertanyaan: Perlukah dilakukan tes jalan beberapa kilometer agar performanya pakem? 

Nah hal ini Otomotifnet konfirmasikan kepada Hening Laksmana, presiden direktur PT. MK Prima Gemilang, produsen kampas rem MK Kashiyama di Gresik, Jaktim, saat rombongan LTT produk aftermarket PT Dirgaputra Eka Pratama(DEP) berkunjung.

Menurut pria yang membuat 400 ribu set kampas rem/bulan untuk mobil ini, menguji kampas rem seperti layaknya inrejen atau break in, sudah tidak perlu dilakukan. 

“Teknologi pembuatan kampas rem, baik brake pad atau brake shoe sudah sangat maju,” tambahnya. Sehingga tak ada lagi perlakuan melakukan uji coba permukaan gesek kampas rem.

MK Kashiyama
MK Kashiyama

Dulu memang ada kebutuhan untuk ‘mematangkan’ lapisan luar kampas. Maksudnya agar bisa sealur dengan rotor atau disc dan permukaan drum tromol. Selain itu pembuatan resin dan lem untuk menempelkan kampas ke plat kaliper, tidak bisa bekerja keras langsung. 

Banyak kejadian remnya tidak pakem dan paling buruk lining rem bisa copot. Namun pabrikan yang baik dengan teknologi maju sudah tidak punya masalah tersebut. “Jadi habis ganti rem silakan dikendarai dengan normal dan direm seperti biasa,” tambah pria ramah ini.

EDITOR

Bagja

Top