Selasa,1 Nov 2016 14:10 WIB

Penulis: otomotifnet

Ratusan Armada Bus Baru DKI Jakarta, Bisakah Membuat Warga Beralih dari Kendaraan Pribadi?

Halaman 1 dari 5

Foto: Rizky/otomotifnet

Armada Bus Baru DKI Jakarta Agar Anda mau Pindah Ke Angkutan Massa

Jakarta - Sebanyak 116 unit bus baru Transjakarta mengaspal di ibukota. Bus anyar ini berjejer rapi di lapangan Monas (19/10) untuk diperkenalkan ke publik. Tentu ini kabar baik bagi masyarakat Jakarta yang memang butuh moda transportasi massal yang representatif.

Pemprov DKI pun berwacana untuk mengambil alih semua rute bus kota dan mikro bus di Jakarta, yakni dengan menyediakan bus-bus Transjakarta. “Ke depan, seluruh rute bus akan langsung dilayani oleh Transjakarta. Sehingga masyarakat bisa mulai beralih dari kendaraan pribadi,” ucap Basuki Tjahaja ‘Ahok’ Purnama, Gubernur DKI Jakarta.

Hingga saat ini PT Transjakarta Jakarta (TJ) telah memiliki 1.347 unit bus. “Sampai tahun 2017 Transjakarta bisa mengoperasikan lebih dari 3.000 unit bus,” beber Budi Kaliwono, Direktur Utama TJ. Artinya jika target tersebut tercapai maka waktu kedatangan bus bisa lebih terjadwal dengan kondisi bus yang tak overload.

“Bus baru dari berbagai merek dan ukuran ini akan dioperasikan di rute baru yang memang memerlukan penambahan armada," katanya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov DKI Jakarta, beritajakarta.com. Nah agar bus Transjakarta bisa mengambil penumpang di luar koridor busway, maka peran bus lower deck layak diandalkan. Bus lower deck punya akses pintu yang sejajar dengan trotoar. Lebih aman dan nyaman pula untuk penyandang disabilitas. Kabarnya harga bus ini lebih mahal Rp 1 milar.

“Katanya bus lower deck ini lebih mahal Rp 1 miliar, enggak apa-apa yang penting nyaman. Saat saya pindah bus ini bus lebih nyaman nih," bilang Ahok, seperti dikutip dari Kompas.com. Nah, Anda siap pindah ke angkutan umum massal? Harryt/otomotifnet.com

Halaman 1 2 3 4 5

EDITOR

Bagja

Top