Kamis,29 Okt 2015 14:29 WIB

Penulis: Wayang

Rayakan 50 Tahun Teknologi Mobil Listrik, Mitsubishi Singgung Kasus VW

Foto: Bagja

Rayakan 50 Tahun Teknologi Mobil Listrik, Mitsubishi Singgung Kasus VW



Tokyo - Ada yang menarik disela pameran Tokyo Motor Show 2015 yang dihadiri langsung OTOMOTIFNET. Mitsubishi Motors yang bersiap merayakan 50 tahun teknologi mobil listrik mereka, sempat menyinggung kasus Volkswagen (VW).

Ya, belum lama ini pabrikan Jerman, Volkswagen harus tercoreng reputasinya sebagai pembuat mobil bermesin diesel yang 'bersih', karena ternyata hanya akal-akalan dengan menggunakan software khusus yang membuat hasil uji emisi jadi bagus.

Nah, memanfaatkan momentum tersebut, Mitsubishi Motors melalui CEO dan Chairman, Osamu Masuko, menyinggung kasus VW dengan mengatakan kalau masalah 'dieselgate' tersebut merupakan masalah yang serius, tanpa mau berkomentar apa alasan VW melakukan itu semua.

"Mengenai isu VW yang kini jadi isu global apakah ada pengaruh terhadap Mitsubishi? Saya enggak mau berkomentar apa alasan VW melakukan itu," ujar Masuko.

"Sangat merugikan lingkungan, sehingga kita harus menemukan solusi atas masalah tersebut. Dan kami mengembangkan teknologi baru. RnD kita bekerja keras mengembangkan EV dan hybrid," tambah Masuko.

Sejarah Mitsubishi mengembangkan teknologi listrik pada kendaraan telah dimulai pada 1966 dan tahun depan tepat berusia setengah abad, alias 50 tahun. Hasil awal riset menghasilkan Minica Van bertenaga listrik dari baterai lead-acid pada 1971.

Proyek selanjutnya menghasilkan Lancer Van pada 1993 dengan baterai NiCad. Tiga tahun kemudian Mitsubishi pertama kali menggunakan baterai lithium-ion pada HEV dan pada 1999, FTO EV, sampai di Tokyo Motor Show ke-44, terpajang Mitsubishi i-MiEV edisi 50 tahun teknologi mobil listrik Mitsubishi.

"Kedepannya Mitsubishi akan fokus pada pengembangan teknologi alternatif. Dan kami sangat fokus untuk segera memasarkan mobil-mobil bertenaga listrik," tutup Masuko. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top