Senin,29 Feb 2016 19:30 WIB

Penulis: rio

Long Term Test Produk Aftermarket

Rianto Nurhadi. Kuncinya, Jaga Kualitas Produk

Foto: F Yosi

Rianto Nurhadi

Jakarta - OTOMOTIF Choice Award 2015, menempatkan Rianto Nurhadi sebagai penerima penghargaan Lifetime Achievement. Pria berusia 86 tahun itu, merupakan pendiri dari perusahaan Indoprima Group (IG) yang berkedudukan di Gresik, Jatim. Mengawali usahanya sejak 1958, tentu tak mudah menjaga kepercayaan konsumen dan relasi. Ternyata, kuncinya adalah menjaga kualitas dari setiap produk yang dibuat.

OTOMOTIF berkesempatan bertemu beliau dan sedikit ngobrol soal perusahaan yang didirikan. Sebelum menjadi besar dengan beberapa anak perusahaan dan ribuan karyawan, Rianto Nurhadi memulai usahanya dengan bantuan 3 orang karyawan.

“Awal muasalnya hanya memproduksi per daun untuk keperluan angkutan truk. Kelangkaan produk, membuat kebutuhan akan part tersebut cukup tinggi,” ujar pria yang juga pernah merasakan jadi supir truk di perusahaan angkutannya sendiri itu.

Pabrik per yang didirikan masih ada sampai sekarang dan terus berkembang sebagai PT Indospring Tbk. Produk yang dibuat enggak hanya per daun, tapi juga per keong (baik untuk keperluan mobil maupun motor).

Selain pabrik per, juga ada pembuatan wiring harness, battery cable, combination switch, ignition switch, brake lining dan roll lining. Brake lining itu bagian yang memproduksi kampas rem aftermarket MK Kashiyama.

Disinggung soal Masyarakat Ekonomi Asia, dengan tegas Rianto Hurhadi bilang walau sebagai pabrikan lokal enggak akan kalah dengan yang lainnya. “Selama kita selalu menjaga kualitas terbaik dari produk yang dibuat,” ucapnya. (oct)

EDITOR

rio

Top