Jumat,10 Juni 2016 10:00 WIB

Penulis: Bagja

Saat Libur Lebaran, Masuk Tol Hanya Sekali Bayar

Foto: Harryt

Masuk Tol hanya sekali bayar

Jakarta - Jelang persiapan libur lebaran, masyarakat yang bakal pulang ke kampung halaman bakal mendapat perlakukan spesial, yakni masuk tol hanya sekali bayar. 

Sistem ini jelas menguntungkan, karena setidaknya bisa mengurangi antrean di gerbang tol yang biasanya menjadi salah satu penyebab kemacetan saat libur lebaran.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengintegrasikan sistem pembayaran antar jalan tol yang berbeda pengelola.

Hal tersebut tertuang dalam Nota Dinas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No PW.01.01-P/70 tanggal 12 Mei 2016 tentang integrasi sistem pembayaran tol.

Sistem ini rencananya akan mulai diberlakukan mulai 13 Juni 2016. Nantinya pengguna jalan tol hanya membayar saat keluar tol. 

Misalnya lewat tol Jakarta-Cikampek, kemudian melewati tol Cikopo Palimanan, maka cukup ambil kartu di pintu Cikarang Utama dan bayar saat keluar di pintu keluar mana saja sepanjang jalan tol Cikopo - Palimanan.

Selain masuk tol Jakarta-Palimanan, integrasi pembayaran juga akan dilakukan pada ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang yang saat ini baru tersambung sampai Brebes Timur.

Sehingga, pemudik dari Jakarta yang meneruskan perjalanan hingga Brebes Timur, cukup melakukan transaksi pengambilan kartu di Gerbang Tol Cikarang Utama, melakukan pembayaran di Gerbang Tol Palimanan sekaligus mengambil kartu dan melakukan pembayaran lagi di Gerbang Tol Brebes Timur. 

EDITOR

Bagja

Top