Rabu,30 Des 2015 08:30 WIB

Penulis: toncil

Sahabat Sejati Keluarga

  • Foto: Salim

    Toyota Grand New Veloz

  • Foto: Salim

    Toyota Grand New Veloz

  • Foto: Salim

    Toyota Grand New Veloz

  • Foto: Salim

    Toyota Grand New Veloz

Harus diakui Toyota Avanza menjadi mobil keluarga yang paling mudah ditemui. Ini dikarenakan, seluruh rancangannya didasarkan pada kondisi konsumen dan juga keadaan di Indonesia. Sehingga saat dipakai benar-benar memiliki kesesuaian dan utilitas yang tinggi. OTOMOTIF Traveling langsung mencobanya melalui beragam lintasan saat wisata di Jawa Timur. Gunung dan pantai jadi lokasi tujuan. 

Karakter jalan di Indonesia sangat beragam, mulai yang halus sampai kasar semua ada, dengan Toyota Avanza hal itu akan mudah ditaklukkan. Lantaran menggunakan penggerak belakang gejala ban berputar ditempat bisa dikurangi. Khususnya ketika berada di tanjakan bahkan dengan penumpang atau barang penuh. 

Hal ini terlihat sekali ketika tim OTOMOTIF Traveling melakukan perjalanan ke bukit B29, Lumajang, Jatim. Keadaan jalan yang menanjak, mudah saja dilalui. 

Selain itu, dengan gerak roda belakang, umur pakai komponen suspensi akan menjadi lebih panjang. Sebab beban akan terbagi rata. Efeknya, pengeluaran dana untuk suspensi menjadi lebih efisien.

Keunggulan lainnya, ground clearance cukup tinggi, yakni mencapai 200 mm. Jelas Toyota Avanza akan mudah dipakai diberbagai kondisi jalan. Tidak perlu takut bagian bawah terantuk, Sehingga, selama perjalanan menjadi lebih aman dan tenang. Juga memungkinkan pengendara tetap memiliki rasa aman saat menerobos banjir.

 

Selain itu, kunci utama dari Toyota Avanza terletak pada sistem bodi yang dipakai, yakni Unibody. Merupakan gabungan antara sasis monokok dan ladder frame. Pembagiannya, untuk bagian depan pakai ladder frame dan belakang monokok. 

Perpaduan seperti ini, memiliki daya tahan yang lebih baik dan juga kemampuan untuk menahan beban. Makanya, meski diisi 7 penumpang, masih tetap nyaman melaju di kontur jalan Indonesia. 

Sistem Unibody ini juga mampu mengurangi bunyi-bunyi yang ditimbulkan ketika bertemu jalan bergelombang. Bahkan juga mereduksi getaran yang ditimbulkan ketika dipakai. Sehingga tetap mempertahankan kenyamanan yang menjadi salah satu fungsi kendaraan.

Unibody ini tidak berdiri sendiri, namun juga dipadu dengan teknologi Global Outstanding Assessment (GOA) Body. Perpaduan ini membuat perjalanan semakin menyenangkan dan menghasilkan banyak hal.

Keakuratan dari handling dan juga manuver pengendara bisa tetap terjaga. Serta kenyamanan bagi penumpang tetap maksimal, merupakan bagian-bagian keuntungan dari struktur bodi Toyota Avanza tersebut.

Perpaduan ini akan terasa ketika mobil dibawa melintas di jalan yang berliku-liku. Untuk pengendara tidak perlu terlalu banyak melakukan olah kemudi, penumpang dapat tetap duduk nyaman. 

Bukan itu saja, Avanza memiliki radius putar yang terbilang kecil, hanya 4,7 meter saja. Mudah untuk melakukan putar arah atau saat di jalan sempit.   

Masih mengakomodir untuk kondisi Indonesia. Toyota Avanza ini benar-benar merupakan MPV sejati yang mampu diisi sampai 7 penumpang. Tanpa harus takut kesempitan. Sesuai karakter konsumen Indonesia yang senang bepergian dalam jumlah besar. 

Nah, semakin melengkapi variannya, Toyota kembali mempersembahkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz untuk konsumen Indonesia. Mulai keluar sejak Agustus silam, kedua kendaraan ini memiliki sisi praktikal tinggi. Seperti pelipatan jok paling belakang yang bisa 50:50.

Bukan itu saja, fitur-fitur keamanan juga selalu ditingkatkan. Seperti menjadi yang pertama dikelasnya, semua grade dilengkapi dengan seatbelt 3 titik. Pertama juga dikelasnya, headrest yang terpisah untuk penumpang di tengah pada baris kedua. 

Selain itu juga disematkan peringatan untuk penumpang depan yang tak pakai safetybelt. Ini juga menjadi yang pertama dikelasnya. Dilanjutkan dengan teknologi power window jam protection di bagian pengemudi. 

Pada semua tipe, dilengkapi juga dengan ABS (Anti-lock Braking System) serta side impact beam. Mengurangi akibat fatal karena tabrakan samping. Terdapat juga ISOFIX dan top tether anchor yang cocok untuk child seats. Terakhir, kedua kendaraan ini sudah dilengkapi wireless key dengan immobilizer.

Generasi paling baru lansiran PT Toyota-Astra Motor juga sudah dibekali dengan dua pilihan mesin. Berkapasitas 1.300 cc dan juga 1.500 cc. Semuanya memiliki tenaga yang mumpuni. 

Sebab, kedua mesin dengan kode NR tersebut sudah dibekali teknologi terbaru, yakni Dual VVT-i. Tim OTOMOTIF Traveling mencoba langsung varian Grand New Veloz 1.3 AT saat menjelajah obyek wisata di Malang, Jatim.

Ditemani dengan teknologi baru tersebut, jelas terasa kalau tenaga mesin tidak pernah kekurangan sedikitpun. Baik saat menanjak, melintas di jalan tol atau kondisi lainnya. Sebab, Dual VVT-i tersebut mampu membaca dengan akurat kemauan dari mesin. Sehingga konsumsi bahan bakar dapat efisien digunakan. Tentu dengan kualifikasi bahan bakar yang disyaratkan dari pabrikan. 

Selain dilengkapi sisi kenyamanan, keamanan dan struktur bodi yang baik, Toyota juga melengkapi dengan jaringan sales dan aftersales sebanyak 277 outlet. Bahkan juga dilengkapi dengan mobile service. Ditambah juga dengan kemudahan mendapatkan sparepart dengan harga terjangkau.     

Nah, masih mau pilih mobil keluarga yang lain? ADV

 

EDITOR

toncil

Top