Senin,8 Agust 2016 15:00 WIB

Penulis: Gombak

SAS4WD Spesialis Jip, Ubah per Daun jadi Spiral Pada Jip

Foto: Gombak

Bengkel ini bisa ubah per mobil

Solo - Bantingan suspensi yang empuk dan nyaman didambakan oleh seorang pengguna Toyota Land Crusier FJ40. Maklum jip tersebut lebih sering digunakan mengaspal di jalan kota Solo, bukan di jalan offroad.
 
Sebagai sebuah solusi, jipnya itu dibawa ke bengkel jip SAS4WD yang berada di jalan kluwak nomor 10, Kagokan Solo. Oleh Murty Wibowo, punggawa bengkel tersebut, sistem suspensi bawaan jip diubah.
 
“Saya sebutnya bersistem 4link. Intinya mengubah perdaun jadi spiral. Singkatnya melepas semua perdaun dan membuat dudukan baru pada gardan dan sasis, untuk ditanam 4 unit spiral, 4 sobreker dan 4 link arm penyangga gardan,” papar Murty sapaannya.
 
Murty melanjutkan lagi per spiral yang digunakan berbeda antara depan dan belakang. Yang depan menggunakan per spiral belakang Mercedes Benz Tiger, sedangkan belakang menggunakan per spiral belakang Toyota Kijang Innova. 

Ini katanya terkait perbedaan beban antara bagian depan dan belakang jip. Sedangkan kontruksi arm serta braket arm dirancang khusus pakai pipa besi tebal yan diklaim kuat.
 
Oh ya sokbreker juga ditanam berdampingan dengan per spiral itu. Nah merk komponen sokbreker ini, bisa dipilih sendiri oleh konsumen. kata Murty ada berbagai macam pilihan. Diantaranya bisa pakai Profender ataupun Kayaba Super 1000.
 
Nah biaya modifikasi dengan obyek Toyota and Cruiser FJ40 adalah Rp 12 juta.  Biaya tersebut untuk memodifikasi braket dudukan per spiral dan spiralnya. Namun belum termasuk sokbrekernya. 

"Kalau buat Suzuki Jimny beda lagi sekitar Rp 8 juta,” tutup Murty yang siap dihubungi di nomor hape 081386976503. 

Lama pengerjaan sekitar sebulan. Monggo yang minat. Jangan lupa minta garansi pasang ya.

EDITOR

Bagja

Top