Sabtu,22 Agust 2015 10:07 WIB

Penulis: bagja otomobil

Seberapa Mungkin Honda BR-V Disulap Jadi LCGC SUV Pertama di Indonesia?

Foto: Bagja

Seberapa Mungkin Honda BR-V Disulap Jadi LCGC SUV Pertama di Indonesia?


Tangerang - Dalam beberapa tahun terakhir, Honda Prospect Motor bisa dibilang cukup berani menghadirkan model-model baru yang menciptakan segmen tersendiri. Termasuk yang terbaru Honda BR-V. 

Sehingga, dengan mengandalkan platform ajaib, dimana satu platform bisa digunakan untuk banyak model, membuat Honda sebenarnya bisa melakukan apa saja untuk membuat mobil-mobil baru. Lalu, apakah kedepannya ada kemungkinan Honda BR-V menjadi mobil LCGC SUV pertama di Indonesia?

"Sebenarnya dengan platform yang kita punya, mau dibikin apa saja bisa. Selalu ada kemungkinan Honda membuat LCGC pertama yang berjenis SUV di Indonesia, tapi..," ungkap Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Dirinya melanjutkan, meskipun tetap mungkin, namun akan lebih sulit membuat versi LCGC dari Honda BR-V. Misalnya, menggunakan mesin kecil milik Honda Brio dan menyediakan hanya transmisi manual seperti Brio Satya misalnya, Honda mengatakan bisa saja.

Untuk membuat LCGC berjenis SUV, masih menurut Jonfis, memang tidak semudah membuat citycar atau MPV. Untuk meninggikan ground clearence saja butuh biaya besar karena perlu stabilizer untuk kenyamanan. Begitu juga dengan konfigurasi tempat duduk dari 5 seater ke 7 seater juga butuh penyesuaian horse power, biaya lagi. 

"Kalau menggunakan platform yang sama, itu sangat mungkin. Tapi kalau BR-V dijadikan LCGC, ya kamu (OTOMOTIFNET) jadi ngasih PR untuk RnD Honda," tutup Jonfis. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top