Selasa,1 Des 2015 10:00 WIB

Penulis: bagja

Selamat Datang di Tempat 'Tercepat' di Muka Bumi

Halaman 1 dari 2

Foto: Alexandra Lier

Bonneville Speedway

Salt lake City - Kurang dari dua jam perjalanan dari Salt Lake City, kita akan menemukan tempat misterius. Sebuah tempat yang sebenarnya lebih mirip di bulan. Tapi ini ada di bumi, Bonneville Speedway. Inilah tempat 'tercepat' di muka bumi.

Julukan tempat 'tercepat' sendiri mengacu karena disinilah para pengejar rekor kecepatan di dunia mencatatkan rekor kecepatannya. Lokasi Bonneville Speedway sebenarnya hanya berupa dataran garam yang gersang, datar dan keras. Seperti hamparan salju, padahal garam.

Sir Malcolm Campbell adalah orang pertama yang menetapkan World Land Speed Record pada tahun 1935, menjadi orang pertama yang mengemudi di atas 482 kpj. Bayangkan, tahun 1935 manusia sudah bisa mengemudi secepat hampir 500 kpj! Dan hanya disini semua itu bisa dilakukan, bukan di tempat manapun di dunia.

belly tankers
"Belly Tankers" salah satu kendaraan untuk memecahkan rekor kecepatan

Bonneville seperti berada di bulan, benar-benar sebuah dunia yang berbeda. Kebanyakan orang-orang memacu kendaraan secepat mungkin di tanah ini saat 'kering' antara Agustus dan Oktober.

Setiap tahun, pecandu adrenalin dari seluruh dunia turun di tanah datar tersebut untuk menambahkan nama mereka ke buku rekor dengan mengandalkan berbagai jenis kendaraan darat, mulai dari mobil hotrod, roadster, streamliners, juga sepeda motor.

"Lanskap berbeda dengan apa yang pernah Anda lihat, seperti sebuah dunia yang sama sekali berbeda." komentar Alexandra Lier photographer asal Hamburg yang mengabdikan dirinya selama 16 tahun untuk mengabadikan ajang cetak rekor kecepatan dunia di Bonneville Speedway.

Komentar serupa diungkapkan pemegang rekor kecepatan darat sepeda motor tujuh kali dan drag racer, Valerie Thompson. Pada tahun 2014 ia dianugerahi keanggotaan seumur hidup Red Hat Club setelah memacu motor BMW S 1000 RR dengan kecepatan 334 kpj.

valerie-thompson
Valerie Thompson dengan motor BMW S 1000 RR

"Bonneville seperti berada di bulan, itu benar-benar sebuah dunia yang berbeda. Namun, tenang, dan bulat. Mata Anda hanya dibatasi oleh jarak," kata Thompson.

"Anda akan mengalami cuaca yang ektrem dalah satu hari, entah itu panas terik, hujan yang merendam garam menjadi lumpur, atau dingin yang membuat anda tak berkutik, namun semuanya begitu tenang," tambahnya. (Bagja)

Halaman 1 2

EDITOR

Bagja

Top