Sabtu,28 Mei 2016 06:00 WIB

Penulis: Gombak

Sendang 4X4, Bengkel Off-Road Kartasura Bikin Alat Peraga SMK

  • Foto: Gombak

    Sendang 4X4 Sukoharjo, Kartasura

  • Foto: Gombak

    Sendang 4X4 Sukoharjo, Kartasura

Sukoharjo - Bengkel spesialis jip off-road bernama Sendang 4x4 ternyata tak hanya menerima order membangun jip buat kompetisi off-road atau pun merestorasi jip tua.

Bengkel yang digawangi oleh Daniel Sucipto ini juga menerima order membuat alat peraga pendidikan SMK.

Order alat peraga pendidikan tersebut malah diklaim terbilang laris. Apalagi menjelang tahun ajaran baru sekolah. Seperti unit car trainer, ada lagi unit engine stand dan lainnya.

“Kami memang bekerjasama dengan beberapa SMK di Solo Raya. Seperti unit car trainer ini adalah order sebuah SMK. Kami bikin lengkap. Terdiri dari rangka sasis mobil, ada joknya, setir dan unit mesin Toyota Kijang injeksi 7K.,” ujar Cipto Sendang sapaan ngetop Daniel Sucipto.

“Seperti mobil, unit ini bisa hidup mesinnya dan bisa jalan,” papar Cipto di bengkelnya di Sendang Wirogunan RT02/RW03, Kartasura Sukoharjo.

Unit car trainer tersebut dibanderol Rp 25 juta. Lantas soal pilihan unit mesin enggak terbatas pada mesin Kijang injeksi 7K.

Kalau mau order mesin bawaan Toyota Avanza, atau mesin Mitsubishi Pajero diesel common rail juga bisa.

Yang pasti banderol harganya berbeda. Misal untuk unit engine stand dengan mesin Avanza siap pakai harganya Rp 20 juta. Sedangkan engine stand dengan mesin diesel Pajero butuh dana Rp 52 juta.

 “Mesin tersebut diseting lengkap dengan ECU, kabel, ada spidometernya. Pokoknya siap digunakan untuk pembelajaran murid SMK Otomotif,” lanjut ayah off-roader muda yang lagi naik daun, Denda Cipta.

Kabarnya mesin-mesin itu didatangkan dari Singapura. Ingin tahu lebih terkait detsilnya, silakan kontak langsung Cipto Sendang di nomor 081393500653

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top