Sabtu,6 Agust 2016 14:33 WIB

Penulis: otomotifnet

Siapa Penguasa Segmen SUV? Nih, Duo Fortuner dan Pajero Sport!

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Fokus Bisnis Fortuner Dan Pajero Sport Sedot Konsumen Segmen SUV

Jakarta - Toyota All New Fortuner dan All New Mitsubishi Pajero Sport tengah mendapat angin. Kedua SUV bongsor ini berhasil mengisap konsumen dari segmen SUV yang diisi banyak produk.

Sebut saja Honda CR-V, Nissan X-Trail, Mazda CX-5, Chevrolet Captiva, Hyundai Santa Fe dan VW Tiguan. Mobil-mobil ini berada di segmen yang terisap Duo Bongsor. Apa tanda-tandanya? Kita dapat melihat data penjualan mobil semester pertama tahun ini.

Fortuner dan Pajero Sport mencetak penjualan jauh di atas pemain lain, mencapai kepala dua digit. Wholesales Fortuner sebanyak 13.841 unit dan Pajero 11.572 unit. Sementara salah satu pemain kuat SUV, Honda CR-V di angka 4 ribuan.

Memang, CR-V, X-Trail, CX-5 dan lainnya dibanding Duo Bongsor nampak beda segmen. Namun di kategorisasi Gaikindo, keduanya berada di segmen yang sama.

Begitu juga umumnya di mata konsumen, semua SUV sama saja. Pasar cenderung memilih model yang lagi ‘happening’. Lalu bagaimana seluk-beluk segmen ini? Yuk, simak lebih lanjut.

Dua Pabrikan Akui Ada ‘Migrasi’

Kuatnya arah pasar SUV ‘bermigrasi’ menuju Fortuner dan Pajero Sport setidaknya sudah diakui dua pabrikan. Antonio Zara, Presdir PT Nissan Motor Indonesia Juni lalu sudah mengakui adanya perpindahan konsumen-konsumen Nissan, termasuk X-Trail ke model yang ia sebut ‘Big SUV’.

Istilah ini merupakan kata pengganti dari produk kompetitornya saja. Menurutnya, Nissan tidak memiliki produk yang tengah digandrungi konsumen Indonesia saat ini. Begitu juga Keizo Okue, Presdir PT Mazda Motor Indonesia. Juli lalu mengakui konsumen SUV beralih ke model-model dua rivalnya tersebut.

Sama seperti Nissan, MMI tidak berdaya melawan kehendak pasar. Bedanya, pundi-pundi NMI masih terbantu penjualan LCGC Datsun, sementara MMI tak punya produk penyokong volume.

Menariknya, menghadapi fenomena market ini, keduanya memilih langkah serupa. Nissan yang setengah tahun ini X-Trailnya meraih penjualan 1.800-an unit akan merapikan aftersales baik peningkatan pelayanan dari personel maupun ketersediaan dan harga sparepart.

Begitu juga Mazda yang CX-5 nya meraih penjualan 850 unit, akan merapikan dealership. Tujuannya sama, demi membaiknya image di mata konsumen Tanah Air.

Bagaimana Dengan Honda?

Di antara pemain SUV lain, brand image Honda menjadi tameng dari kerasnya tantangan penjualan SUV. Ini terbukti ketika rival-rivalnya tak berhasil menggoyahkannya. Per tengah tahun ini, CR-V mencetak penjualan sebanyak 4.268 unit atau dua kali lipat lebih banyak dari X-Trail.

Namun angka yang masih berupa data wholesales ini sebenarnya menurun dibanding semester pertama tahun lalu. Data retailnya saja, periode sama tahun lalu CR-V meraih penjualan 5.517 unit. Bukan tak mungkin 1.000 lebih calon konsumen CR-V kepincut Fortuner atau Pajero Sport.

Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersale Service PT Honda Prospect Motor (HPM) menilai realitas pasar ini karena kedua kompetitornya merupakan produk baru saja. “Kenyataannya memang tahun ini tahun SUV. Penjualan CR-V masih sesuai sesuai dengan ekspektasi kami,” terangnya.

Adapun langkah yang ditempuh dalam menghadapi kondisi ini, HPM melakukan penyegaran terhadap CR-V. “Ada beberapa penyegaran dan memberikan fitur entertainment yang lebih high quality ke segmen tersebut,” ujarnya.

Fortuner, Buah Dukungan Konumen Loyal

Apa yang membuat All New Fortuner berhasil meraih pasar cukup tinggi di segmen SUV? Ternyata ini merupakan buah dari perjalanan bisnis bertahun-tahun. Jika sekarang tren SUV meningkat, Fortuner sudah punya ‘basis massa’. “Sejak launching 2005 sudah banyak konsumen loyalnya.

Marketnya juga sudah cukup besar saat ini, karena market SUV sangat tergantung peluncuran produk baru. Bahkan sebelum peluncuran sudah banyak yang menunggu, animonya cukup besar,” papar Anton Jimmi Suwandy, Executive General Manager Area Management PT TAM.

Lalu kunci lainnya? “Harga juga menjadi strategi yang baik, karena memang dari model lama ke model baru kita punya strategic price. Jadi di satu tahun pertama kita berikan harga khusus buat konsumen yang mau upgrade,” lanjut Anton, di sela perkenalan perdana Astra Toyota Calya di Karawang, Jawa Barat.
    
Data Penjualan SUV Semester 1            2016 (wholesales)

Toyota All New Fortuner                                 13.841
All New Mitsubishi Pajero Sport                      11.572
Honda New CR-V Juni                                     4.268
Nissan X-Trail                                                 1.807
New Mazda CX-5                                               849
Chevrolet Captiva                                               448
Hyundai New Santa Fe                                       169
VW Tiguan                                                        108

EDITOR

Bagja

Top