Kamis,31 Des 2015 16:30 WIB

Penulis: toncil

Perjalanan Liburan Akhir Tahun

Sistem Pengereman, Butuhnya Dalam Hitungan Detik

Foto: toncil

Kendaraan OTOMOTIFNET saat cek kondisi di ruas jalan menuju Cirebon

Cirebon - Menikmati akhir tahun, saatnya jalan-jalan bersama keluarga. Namun jangan sampai melupakan keamanan dalam perjalanan.

Lakukan pengecekan kendaraan secara teratur dan menyeluruh. Sebaiknya sebelum memulai perjalanan.

Namun, jika ternyata tak sempat, bisa lakukan pengecekan dalam perjalanan. Menyambangi posko bengkel resmi jadi salah satu pilihan.

Biasanya akan langsung ditangani secara profesional. Pengecekan dilakukan secara menyeluruh. Mulai air aki, air wiper, tekanan angin dan juga kondisi ban serep.

Jika akan melintas di jalan tol, pastikan tekanan angin sesuai dan kinerja dari rem serta kaki-kaki juga maksimal.

Jangan pernah alpa juga untuk melakukan pengecekan kinerja sistem pengereman.

Karena sistem pengereman sebenarnya akan dirasakan mafaatnya justru pada saat yang tiba-tiba. Tentu saja saat pengereman ketika ada kendaraan lain di depan yang mengurangi kecepatannya.

Hal yang paling krusial adalah ketika ada kendaraan lain yang tiba-tiba mengurangi kecepatan. Bisa juga waktu ada kendaraan lain yang mengambil jalur mobil yang sedang Anda kemudikan.
 
Satu lagi, ada orang yang menyeberang jalan tanpa memperhatikan arus lalu lintas.

Hitungannya memang detik, namun kewaspadaan yang tinggi tidaklah cukup jika tanpa dukunga kinerja peranti pengereman yang kondisinya terjaga juga.

Bagi Anda yang sudah ada di perjalanan keluar kota jangan segan untuk menyambangi posko-posko APM yang berdiri di pinggir jalan untuk pengecekan sistem pengereman.

Buat yang hendak melakukan perjalanan, silakan cek cermat juga. Jangan segan untuk melakukan penggantian komponen jika memang diketahui ada komponen yang perlu diganti.

Ingat, pentingnya sistem pengereman baru terasa dalam tenggat waktu di hitungan detik.
 

 

EDITOR

erie

Top