Kamis,3 Des 2015 20:02 WIB

Penulis: toncil

Surabaya Kota Paling Aman Versi IRSA 2015

Foto: Harryt

Penyerahan penghargaan sebagai kota dengan lalu lintas terbaik

Jakarta - PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) menggelar penganugerahan kota dan kabupaten yang berprestasi dalam mengampanyekan keselamatan berlalu lintas. Yakni Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015. Gelaran ini merupakan bagian dari kampenye ‘I Wanna Get Home Safely’ yang digagas Adira Insurance.

Tahun ini merupakan tahun ke 3 pelaksanaan IRSA. Dimana terdapat 76 kota dan kabupaten yang terdaftar dan dilakukan shortlisting. Kemudian terpilih 16 kota dan kabupaten yang menjadi semifinalis. Kemudian diseleksi menjadi 12 kota dan kabupaten yang terpilih sebagai finalis IRSA 2015.

Seluruh kota dan kabupaten yang berpartisipasi tersebut disurvey berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti, angka kecelakaan lalu lintas, jumlah penduduk, jumlah kendaraan, panjang jalan dan data pendukung lainnya. Kemudian hasilnya didapat berupa Indeks Keselamatan Jalan (IKJ) sebagai cerminan pencapaian pelaksanaan road safety di wilayahnya.

“Kami sangat senang, total IKJ selalu mengalami peningkatan selama pelaksanaan IRSA tiga tahun ini. Total IKJ 2013 sebesar 2,99, tahun ini total IKJ sebesar 3,03,” ungkap Indra Baruna, CEO Adira Insurance. 

Hasil paparan 12 finalis IRSA, ditemukan banyak program-program yang inovatif. Diharapkan dapat menjadi langkah preventif yang baik dalam menekan angka kecelakaan jalan di daerah masing-masing.

Adapun kategori pemenang diklasifikasikan atas 4 kategori. Yaitu kota berpenduduk diatas 1 juta jiwa, kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa, kabupaten berpenduduk di atas 1 juta jiwa, dan kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta jiwa.

Pemenang IRSA tahun ini untuk kategori kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa adalah kota Surabaya. Kemudian kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa adalah kota Balikpapan. Lalu kabupaten berpenduduk di atas 1 juta jiwa adalah kabupaten Jepara. Selanjutnya kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta jiwa adalah kabupaten Hulu Sungai Selatan. 

Gelaran IRSA 2015 turut dihadiri Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan. “Gelaran ini cukup bagus, memang keselamatan berlalu lintas menjadi tanggung jawab bersama. Inisiasi swasta seperti Adira Insurance ini sangat dinantikan. Semoga dapat memacu dan menginspirasi kota dan kabupaten untuk terus mengupayakan keselamatan berlalu lintas,” jelas Ignasius Jonan. Harryt (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

toncil

Top