Selasa,15 Sept 2015 11:58 WIB

Penulis: Pilot

Tambah Konsentrasi Dengan Minuman Berenergi

Foto: Tyo

Tambah Konsentrasi Dengan Minuman Berenergi



Jakarta
- Sering berkendara atau melakukan aktifitas sehari-hari dengan mobil dan motor pasti sangat melelahkan. Butuh suplai asupan berenergi agar stamina tetap terjaga maksimal. Tujuannya tentu agar tetap bisa berkonsentrasi selama berkendara. Sebab jika tubuh mulai lelah dan dibiarkan bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi dan bisa memicu kecelakaan.

Nah, saat ini sudah banyak di pasaran berbagai macam minuman berenergi yang bisa membantu menjaga tubuh agar tetap segar selama perjalanan. Namun jangan sembarangan memilih, pastikan suplemen makanan ataupun minuman berenergi yang dikonsumsi tidak berbahaya. Salah satunya yang sudah terbukti kualitasnya adalah Kratingdaeng.

Pertama kali diformulasikan di Thailand tahun 1962 di bawah naungan TC Pharmaceutical. Kratingdaeng dipasarkan di seluruh dunia menggunakan merek dagang RedBull dengan standar kualitas dan keamanan Internasional. Kratingdaeng yang diproduksi menggunakan gula alami dengan kandungan kafein kurang dari 1 cangkir kopi. 

Hebatnya, sebelum diperjualbelikan sudah melalui proses pemeriksaan laboratorium uji kelayakan bahan pangan di Indonesia. Sehingga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia pun menerbitkan izin produksi karena telah memenuhi standar kelayakan konsumsi.



Secara umum, pengertian dari minuman berenergi adalah minuman yang mengandung satu atau lebih bahan yang mudah dan cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang  diijinkan, dengan persyaratan  total energy minimal 100 Kkal/sajian (SNI 01-668-2002).

Sedangkan definisi menurut BPOM, minuman berenergi yaitu minuman yang jika diminum dalam jumlah yang wajar sesuai aturan minum perhari maka dapat memberikan energi tidak kurang dari 300 Kkal (KepDirjen POM RI No 02240/B/SK/VII/91), pangan yang dapat memberikan energi minimal 300 Kkal per hari (dari BPOM RI No HK 00.05.52.4321).

Berdasarkan penjelasan ilmiah di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak semua minuman bernergi bermanfaat bagi tubuh. Ada beberapa produk hanya mengandung 5-8 kalori/sajian. Sedang seluruh kandungan dalam Kratingdaeng sudah sesuai dengan batas keamanan yang ditetapkan BPOM sehingga aman dikonsumsi 3 botol sehari.

Di Indonesia Kratingdaeng diproduksi di pabrik Sukabumi yang sudah memperoleh sertifikasi ISO 9002 dan lulus uji keamanan pangan. Setiap produk yang diproduksi telah melewati proses HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) yang ketat. Paling penting, Kratingdaeng bukanlah sejenis obat sehingga tidak memiliki efek samping dan tidak menimbulkan efek ketagihan.

Kratingdaeng pun merupakan minuman Energi Terpercaya Pilihan Indonesia yang meraih Indonesian Customer Satifaction Award (ICSA) selama 15 tahun berturut-turut. Selain penghargaan tersebut,  Kratingdaeng  juga pernah meraih  penghargaan  terbanyak  dan  paling  bergengsi  di kategori minuman energi. Diantaranya Indonesian Best Brand Award (IBBA),  Top Brand Award, Indonesia Most Favorite Youth Brand, Wow Brand Champion, Social Media Award dan Super Brand Award.

Sebagai minuman berenergi yang memiliki kandungan vitamin, tentunya Kratingdaeng memiliki manfaat bagi tubuh untuk menambah energi. Kandungan gula di dalam Kratingdaeng merupakan sumber utama dari energi yang dihasilkan, demikian pula vitamin B kompleks pada minuman ini membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi. Sedangkan Kafein menstimulasi sistem metabolik dan syaraf pusat. Bahkan dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa kafein memiliki fungsi untuk meningkatkan konsentrasi, kemampuan kognitif dan memperbaiki mood.

Manfaat nutrisi yang ada di Kratingdaeng :

-   Taurin (Taurine) merupakan asam amino yang banyak terkandung dalam ikan dan laktosa (ASI) bermanfaat memperbaiki fungsi kerja   jantung, memaksimalkan fungsi otak  dan membantu proses sekresi enzim untuk metabolisme lemak dalam tubuh.
-    Kafein merupakan antioksidan yang banyak ditemukan dalam kopi dan cokelat yang bermanfaat untuk menstimulasi saraf otak untuk meningkatkan proses metabolism dan meremajakan sel - sel dalam tubuh dan meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan.
-   Inositol untuk meningkatkan proses metabolism lemak.
-   Vitamin B3 (Niacinamide) adalah komponen koenzim di dalam tubuh yang membantu mengkonversi karbohidrat dan lemak menjadi energi.
-   Provitamin B5 (Dexpanthenol) adalah komponen koenzim yang berperan penting dalam metabolism karbohidrat, lemak, dan protein.
-   Vitamin B6 (Pyridoxine HCl) membantu metabolism asam amino, lemak dan berperan dalam pembentukan sel darah merah.
-   Vitamin B12 (Cyanocobalamine) berperan dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan kerja sistem saraf, membantu dalam proses pembentukan jaringan yang melindungi serabut saraf.
-   Kolin (Choline) untuk melindungi hati dan meningkatkan proses metabolism lemak.
-   Lisin (Lysine) untuk  membantu proses produksi energy, menurunkan kadar kolesterol membantu proses pertumbuhan tulang, kulit dan pembentukan otot.
-   Glukuronolakton untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta melindungi liver pada saat bekerja keras.

Sebagai minuman energi penambah stamina, Kratingdaeng dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah beraktivitas. Terutama kegiatan yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang tinggi. Seperti berkendara jarak jauh.

Untuk hasil yang lebih optimum, disarankan untuk meminum Kratingdaeng sekitar 30 - 60 menit sebelum beraktivitas baik fisik maupun mental. Untuk konsumsi aktifitas ringan sehari - hari cukup 1 botol perhari secara rutin. Sedangkan untuk aktifitas berat 3 botol per hari.


EDITOR

Denta

Top