Minggu,20 Maret 2016 14:40 WIB

Penulis: Iday

Mazda Drive a Life Bandung

Terbuai Stabilitas New Mazda6

Foto: Iday

New Mazda6

Bandung – Usai istirahat di Ciganea, otomotifnet pun dipersilakan pindah mobil. Kali ini menikmati New Mazda6 yang modelnya ... bikin ngiler.

Gimana enggak, desain sedan gede 2.500 cc ini memang menggoda buat mereka yang suka tampilan sporty.

Sedikit berandai-andai kalau mobil ini cuma punya dua pintu, karakter sportscar-nya makin keluar.

Masuk ke kabin, sama dengan Mazda-Mazda yang lain. Nuansa canggih kaya fitur sudah mengelilingi pengemudi.

Nuansa mewah memanjakan mata dengan konsol dilengkapi multi function commander control dan dasbor dengan material berkualitas.

Saat dipakai melibas jalur pegunungan menuju Purwakarta, mengemudi sedan memang jauh beda dari SUV. Mantap.

Keasyikan melibas tikungannya beda. Apalagi ada fitur yang paling terasa nikmat yakni Dynamic Stability Control dan Traction Control System. Membuai selama berada di belakang kemudi sedan 615.400.000 juta rupiah ini.

Fitur ini aktif selama mengemudi. Dan saat coba dinonaktifkan lewat tombol di kanan dasbor, hmm... terasa bedanya.

Mobil terasa sedikit goyang di tikungan dan jika dibiarkan lama malah bikin pusing, macam ada respon suspensi yang telat terhadap bantingan setir saat keluar tikungan. Maklum, suspensi jadi terasa lembut.  

“Saat menikung, mobil suka ada yang oversteer dan understeer. Dengan DSC, gejala itu enggak ada karena dikontrol supaya tetap berada di jalurnya,” terang Tunjung, Technical Support Manager PT Mazda Motor Indonesia yang memandu perjalanan.

Tetapi untuk menambah kenikmatan, aktifkan saja mode sport.

Putaran mesin akan sedikit meningkat dan bermain di 3.000-an rpm dari biasanya di 2.000 rpm. Nah, meliuk-liuk di jalur Purwakarta-Padalarang jadi lebih mantap.

Mesin disetel mode sport dan suspensi diset dengan DSC. Selebihnya, mobil besar ini pun berattitude lincah seperti mobil mobil kecil.

Eh, ini baru bicara stabilitasnya lo... lainnya, banyak sekali fitur disematkan di mobil dengan kualitas interior mewah ini.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top