Kamis,2 Juni 2016 15:00 WIB

Penulis: Bagja

Tesla Bikin Pabrik Baterai Raksasa, Mobil Listriknya Bisa Lebih Murah

Foto: Tesla

Pabrik baterai mobil lsitrik Tesla di Nevada, Amerika

Nevada - Tesla mengumumkan akan meresmikan pabrik raksasa miliknya yang khusus untuk memproduksi baterai untuk mobil-mobil listrik pada 29 Juli 2016. Pabrik ini akan menjadikan mobil-mobil listrik Tesla bisa dijual lebih murah.

Dilaporkan Fortune, pabrik baru ini akan memproduksi baterai lithium-ion tidak hanya untuk Tesla Model 3 sedan yang akan diluncurkan kedepan, tetapi juga untuk Tesla Model S sedan dan Tesla Model X Crossover yang sudah dijual.

Tesla Motors akan memproduksi baterai bersama panasonic, karena diproduksi sendiri, maka secara skala ekonomi memungkinkan biaya yang rendah. Tujuannya untuk mengurangi biaya per kilowatt hour (kWh) baterai lebih dari 30 persen. 

Tesla memang tidak menggunakan nama 'Giga' untuk pabrik baterai-nya ini. Namun karena baterai yang diproduksi mencapai 35 gigawatt-hour (GWH) per tahun, maka ini akan menjadi pabrik terbesar di dunia.

Pabrik ini juga dikatakan banyak kalangan sebagai 'Game Changer' karena bakal merubah kondisi industri mobil listrik dunia. Dengan kapasitas yang maksimal digunakan (rencananya pada 2020), secara jumlah akan sama dengan total jumlah produksi baterai di dunia pada tahun 2013 lalu.

EDITOR

Bagja

Top