Senin,14 Des 2015 18:50 WIB

Penulis: erie

SPBU Pertamina

Tips Hindari Petugas SPBU 'Nakal'

Foto: Harryt

Sensor di nozzle akan secara otomatis mengetahui aliran bensin sudah penuh atau belum

Jakarta- Jika masalah dispenser yang berbeda merek di SPBU Pertamina diyakinkan punya standar uji mutu yang serupa, maka soal kecurangan petugas SPBU kembali mengemuka.

Ditenggarai, masih ada petugas SPBU 'nakal' yang memainkan katup handle selang mesin dispenser saat pengisian, jadi bahan bakar yang keluar tidak sesuai dengan pembelian.

"Sebetulnya, untuk katup pada nozzle itu ada tingkatannya rendah, sedang, dan tinggi. Dan di ujung nozzle juga ada sensor, jadi jika bensin sudah menyentuh sensor, katup akan terlepas untuk menandakan bahan bakar sudah hampir penuh. Jadi, petugas bukan memainkan katupnya (berbunyi) ‘cetak-cetek'," wanti Muhamad Resa sebagai Asisten Manager Brand Communication Pertamax PT Pertamina (Persero),

Namun, bagi konsumen yang memang belum yakin terkait bahan bakar yang keluar dari mesin dispenser pompa bensin maka konsumen berhak meminta uji takar untuk meyakinkan. 

Pengujian itu dilakukan dengan takaran BBM yang keluar dari selang dengan bejana ukur. Takaran dianggap benar bila BBM yang keluar dari selang memenuhi bejana tepat sesuai dengan jumlah yang diminta.

Resa menjelaskan soal ini saat ditemui pekan lalu saat peresmian SPBU Pertamina "Pasti Prima" di kawasan Depok, Jabar (11/12). Arief (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

erie

Top