Selasa,17 Nov 2015 15:33 WIB

Penulis: Denta

Tour Pecinta Otomotif, Cara Tetty Ariyanto memuaskan pelanggannya

Foto: Billy

Tour Pecinta Otomotif, Cara Tetty Ariyanto memuaskan pelanggannya

Jakarta - Suara sosok perempuan yang satu ini begitu khas. Kalau Anda belum mengenalnya, pasti mengira dia seorang penyiar radio, penyanyi atau vokal ibu guru yang sedang bercerita kepada anak didiknya. Inilah Tetty Ariyanto, tour leader senior  PT Golden Rama Tours & Travel(Golden Rama). Dikalangan pecinta otomotif, perempuan kelahiran 9 Desember 1966 ini kondang dengan pelayanannya. Testimoni datang dari banyak peserta, mulai dari APM, produsen aftermarket otomotif, hingga jurnalis media yang pernah dibantunya.

“Saya melakukan yang terbaik, baik customer otomotif maupun umum,” terang Tetty yang sudah 20 tahun tour leading ke Asia, Australia,  Meksiko, Spanyol, Belanda, UK, Jepang, China hingga Amerika. OTOMOTIFNET pernah dipandu olehnya dipenghujung 2011, mengunjungi pusat R&D di Australia dan bulan lalu, mengunjungi pabrik Toyota di Nagoya dan Tokyo Motorshow 2015. Uniknya, ia selalu hapal nama, kebiasaan dan pilihan menu peserta tur dalam rombongan. Termasuk customernya beberapa tahun lampau.

 

 


Menurut Tetty yang sering membawa pelanggan VVIP, businness owner hingga menteri-menteri, dirinya selalu menikmati mengerti karakter dari rombongan. “Baik yang homogen dan heterogen,” tutur warga Jatiasih, Bekasi, Jabar ini. Homogen seperti rombongan dalam bisnis yang sama, seperti otomotif hingga farmasi, maupun punya hobi sama. Sementara heterogen berlatar-belakang berbeda, seperti peserta umum. Keduanya bagi Tetty sangat challenging bahkan sebagai penyeimbang dalam karirnya.

Khusus melayani peserta otomotif, ia juga menggali mengenai kebutuhan customernya. Info awal ini akan dipelajari untuk memberikan servis yang lebih baik lagi kelak. Meski sudah ‘lumutan’ dibidang pariwisata, pernah dilantik presiden SBY sebagai anggota badan sertifikasi profesi dan pendidik di YESS!Travel  and Tourism College, ia tetap belajar seperti lebih mengenali dunia otomotif. “Penguasaan wilayah dan handle peserta secara personal sangat baik. Problem di lapangan juga diatasi dengan smooth,” tambah Widyawati S. Deputy Director Customer First PT. Toyota Astra Motor(TAM) (otomotifnet.com).

 

 

 

 

 

 

 

 

EDITOR

Denta

Top