Senin,7 Maret 2016 12:00 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Toyota Indonesia Resmikan Pabrik Mesin Mobil Berbahan Aluminium

Foto: Arief

Fasilitas ini akan menjadi basis produksi mesin bensin alumunium R-NR untuk mobil penumpang

Karawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), hari ini (7/3), meresmikan pabrik mesin terbarunya di kawasan Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE) Karawang, Jawa Barat.

Pabrik perakitan mesin terbaru ini didirikan di lahan seluas 150 hektar, dengan kapasitas produksi sebanyak 216 ribu unit pertahun.

Fasilitas ini akan menjadi basis produksi mesin bensin alumunium R-NR untuk mobil penumpang. Mesin ini juga merupakan bagian dari line-up mesin TMC yang akan diekspor ke negara-negara di Asia.

"Kapasitas produksi yang 216 ribu pertahun ini tidak hanya untuk pasar Indonesia, tapi juga akan diekspor ke luar negeri. Untuk produksi mesin tercanggih ini memang anggota (karyawan) kita akan mendapatkan keahlian baru," papar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN, di sela-sela peresmian pabrik mesin baru Toyota di Karawang, Jabar, Senin (7/3).

Mesin RNR 1.3L dan 1.5L yang dihasilkan di pabrik ini akan memiliki tingkat kandungan lokal hingga 80 persen, dan melibatkan 12 pemasok lokal baru di tingkat pertama sehingga total supplier tingkat pertama Toyota mencapai 135 perusahaan.

Pembangunan pabrik ini menelan investasi sebesar Rp 2,3 triliun dan menyerap tenaga kerja lebih dari 600 karyawan baru pada masa awal beroperasi.

EDITOR

Bagja

Top