Selasa,17 Nov 2015 12:04 WIB

Penulis: pewete pewete

Toyota Prius Anyar, Pesona Generasi Keempat

Foto: Bil

Toyota Prius Anyar, Pesona Generasi Keempat



Tokyo
- Undangan dinner dari Toyota Motor Company (TMC) di Happo-En, Omotenashi Resort, Tokyo (27/10) lalu sejatinya jadi ajang pertemuan dengan jurnalis berbagai negara dan petinggi TMC. Ternyata disela-sela hidangan eksotik ala Jepang, ada terselip salah satu sosok yang dinanti-nanti.

Apalagi kalau bukan Toyota Prius generasi keempat (Gen 4). Cukup mengagetkan pasalnya baru keesokannya mobil bermesin hibrida ini resmi diluncurkan untuk pasar Jepang di Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Tiga sosok TMC yang fokus di pengembangan Prius juga berbaur dikeramaian standing dinner tersebut.



Mesin baru 2ZR-FXE. Target lebih efisien naik 40%

Yakni Koji Toyoshima (Chief Engineer), Shunsaku K. (Chief Designer) dan Kazuhiko Asakura (Group Manager, TNGA Planing Div.). Prius Gen 4 sudah mejeng di Frankfurt Motor Show lalu namun baru Japan premiere di TMS ini. Rencana akan mulai dijual Desember 2015 di Jepang.

Benar saja, keesokan harinya saat press day tampak Prius berkelir merah di atas panggung. Sementara yang hijau muda dikerubuti ratusan jurnalis di booth bawah. Merupakan sosok hibrida 5 seater yang Juli lalu genap populasinya 8 juta di seluruh dunia.



Dasbor center fascia. Corak putih di semua warna mobil

Agar tercipta efisiensi yang semakin lebih baik lagi, para engineer berhasil mereduksi bobot dan dimensi komponen hibrida, seperti transaxle, motor elektrik, baterai serta mesin utama. Prius anyar ini juga menjadi kendaraan produksi masal Toyota pertama yang menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architechture). • (otomotifnet.com)



Banyak ubahan desain dibelakang, tanpa meninggalkan kesan futuristik


EDITOR

Otomotifnet

Top