Jumat,21 Okt 2016 08:10 WIB

Penulis: Bob

Umum

Transjakarta Cares, Layanan Transportasi Khusus Penyandang Disabilitas Jakarta

Foto: Istimewa

Mobil khusus ini diawaki oleh 1 orang supir dan 1 orang petugas khusus yang sudah terlatih membantu penumpang difabel

Jakarta - bBersamaan dengan peluncuran 116 armada baru bus Transjakarta pada hari Rabu (19/10) lalu. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama juga meresmikan layanan baru yang diperuntukan untuk membantu transportasi masyarakat Jakarta penyandang disabilitas bernama Transjakarta Cares.

Layanan ini berupa penyediaan Mobil khusus yang dirancang agar dapat melakukan antar jemput pelanggan difabel dari lokasi asal (rumah atau tempat lainnya) ke halte ramah difabel terdekat dari tujuannya.

"Untuk saat ini baru lima unit mobil yang tersedia, tapi nantinya akan ada penambahan," ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono.

Dalam pengadaan unit mobil Transjakarta Cares, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan beberapa perusahan yang memang memiliki visi yang sama dalam membantu penyandang disabilitas di Jakarta. Perusahaan itu antara lain, PT Denso Sales Indonesia yang mendonasikan satu unit Daihatsu Luxio, Astra Credit Companies dengan donasi dua unit Daihatsu Luxio, dan Asuransi Astra mendonasikan satu unit Toyota NAV1.

“Transjakarta Cares ini juga sejalan dengan salah satu program CSR DENSO dalam rangka memberikan fasilitas kemudahan bagi penyandang disabilitas”, jelas Marwan Tjia, Direktur PT Denso Sales Indonesia.

Pada tahap awal Transjakarta Cares akan melayani dua zona yaitu di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Dalam waktu dekat, layanan ini akan meng-cover seluruh Jakarta. Beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap hari. Pelanggan difabel dapat memesan mobil Transjakarta Cares dengan cara menghubungi call center 1500 – 102 satu hari sebelumnya. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

Bagja

Top