Selasa,22 Nov 2016 17:20 WIB

Penulis: otomotifnet

Tujuh Dekade Unimog Konsep Awalnya Alat Angkut Pertanian

  • Foto: Daimler AG

    Unimog versi belum mengadopsi bonet (hidung). Tak setangguh veri terkini. Nirip Gerobak namun bukan ditarik kuda tapi ditenagai mesin bakar

  • Foto: Daimler AG

    Tabel

Jakarta -Negeri Jerman memang menjadi kiblat bagi teknologi dan industri mobil dunia. Bagaimana mobil rakyat alias Volkswagen begitu dikenal di muka bumi. Bukan hanya Volkswagen saja yang menjadikan Jerman mentereng di jagad otomotif dunia. Ada satu mobil lagi yang kehadirannya begitu melegenda, yaitu Unimog.

Yup, bicara Unimog pasti semua orang mafhum dengan mobil yang unik dan berkemampuan serbaguna dan mampu menerjang beragam medan alias off-road. Unimog pada mulanya bukan didesain sebagai mobil badak dan tangguh seperti yang dikenal saat ini. Unimog yang merupakan kreasi Albert Friedrich yang dirancang pada 1944 silam itu diperuntukkan sebagai kendaraan multifungsi bagi pertanian alias mobilnya para petani di Jerman waktu itu.

Ide Albert Friedrich itu kemudian dimaterialisasikan oleh Heinrich Rößler yang mendesain dan menguji prototipe yang dilaksanakan pada 9 Oktober 1946, atau tepatnya 7 dekade silam, di mana saat Unimog awal belum ada bonet (moncong/ruang mesin) melainkan menggunakan sasis dari kayu.

Multiperan
 
Sejalan dengan perkembangannya Unimog, singkatan dari Universal-Motor-Gerat yang arti harafiahnya kendaraan multifungsi, lebih dikenal sebagai kendaraan badak yang bisa melibas di semua medan alias off-road. Produksi resmi perdana dari Unimog ini berlangsung pada 1954 yang diperuntukkan sebagai kendaraan pertanian. Tak kepalang tanggung, Unimog bisa mengaplikasi 66 perangkat atau peralatan pertanian kala itu.

Sejalan dengan perkembangan zaman, Unimog berkembang fungsi dan kegunaannya dan hingga saat ini Unimog telah diproduksi dalam rentang 30 jenis berbagai tipe dengan total jumlah mencapai 400 ribu unit di seantero jagad dengan beragam aplikasi, seperti traktor, kendaraan derek, mobil pemadam kebakaran, mobil eksplorasi tambang, bis dan banyak lagi. Dirgahayu Unimog yang ke-70 dan memang pantas benar Unimog diklaim sebagai kendaraan serbaguna. JLM / otomotifnet.com


Tonggak Penting Unimog
1946    Prototipe pertama diujicobakan
1947    Produksi pertama Unimog belum berpenggerak 4WD
1977    Unimog menembus produksi ke-200 ribu
2016    Unimog merayakan HUT ke-70

EDITOR

Pilot

Top