Senin,27 Juni 2016 14:40 WIB

Penulis: Haryadi Hidayat

MPV World

Urusan Daya Angkut, Daihatsu Great New Xenia Akomodatif

Foto: TYO

Great New Xenia

Kenyamanan perjalanan tak lepas dari ukuran dan kemasan kabin. Nah, inilah fokus kita di MPV World 2016 yang kali ini membahas Daihatsu Great Xenia.

Secara keseluruhan, kabin Great Xenia memang memberi keleluasaan bagi penumpangnya untuk perjalanan jauh. Tentu berkat adanya sedikit pemekaran dimensi dibanding Daihatsu Xenia lama (2011) yang memang sudah mencukupi.

Di generasi terdahulu, Xenia memiliki panjang 4.120 mm kini menjadi 4.140 mm. Lalu lebarnya 1.630 mm menjadi 1.660 mm begitu pula tingginya dari 1.685 mm jadi 1.695 mm.

Sementara pengaturan ruang dan joknya termasuk akomodatif.

Jok baris terdepan mengakomodasi punggung pengemudi dengan baik. Beberapa fitur disuguhkan sesuai varian yang dipilih konsumen. Di antaranya head unit touch screen dan pengaturan cornering censor.

Lalu jok baris kedua, sandarannya dapat dimajumundurkan dan punya fitur touch tumble yang membuat jok terlipat sehingga memudahkan penumpang baris ketiga masuk kabin belakang. Jok baris kedua juga memiliki fungsi seat slide.

Namun sedikit ganjalan, di ruang tengah terdapat gundukan persis di bawah kaki penumpang tengah jok baris kedua. Ini tentu mengurangi kenyamanan, di tambah jok tengahnya tidak terdapat head rest.

Jok baris ketiga juga cukup untuk menampung penumpang pada umumnya. Untuk penumpang bertinggi 170 cm memang terasa pas-pasan namun masih dalam kategori muat alias tidak terlalu memaksakan. Tapi penilaian soal ini dan kenyamanannya relatif.

Sandaran jok baris ketiga ini juga dapat dimundurkan untuk memberi sudut yang nyaman untuk penumpang di belakang.

Nah, untuk jok terbuncit ini, head rest di sandaran memiiki fungsi yang krusial. Sebab bantalan sederhanan ini sangat bermanfaat untuk menopang bahu. Tanpanya, bersandar di jok belakang terasa ada yang kurang.

Bagasi masih seperti generasi sebelumnya, cukup lega untuk membawa tas meski jok ketiga difungsikan.

Menariknya, akomodasi barang bawaan tergolong baik berkat porsi pelipatan jok 50:50.

Dengan melipat jok, kita dapat membawa barang bawaan dengan dimensi lebih besar namun masih dapat memuat satu penumpang dewasa di baris ketiga.

Nah, keunggulan-keunggulan seputar jok inilah yang akan menemani perjalanan OTOMOTIFNET MPV World Juli mendatang.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top