Rabu,1 Juni 2016 06:15 WIB

Penulis: Indri

Volvo Trucks Nobatkan Pengemudi Truk Paling Irit Indonesia

Foto: Indri

Volvo Trucks Final Fuelwatch 2016

Volvo Trucks menobatkan dua pengemudi truk paling irit dari Indonesia melalui ajang kompetisi tahunan Fuelwatch Challenge 2016.

Keduanya ialah Rahayu Sualdi, pemenang kategori Off-road dari PT Pectech dan Erwinsyah, pemenang kategori On-road dari PT Sigma.

Direktur Volvo Trucks Indonesia Valery Muyard menuturkan, Fuelwatch Challenge merupakan kompetisi untuk mencari supir truk terbaik.

Kompetisi ini menilai kemampuan pengemudi berkendara hemat bahan bakar serta handling kendaraan umum.

“Peserta kejuaraan yang lalu dari kompetisi Fuelwatch menjadi duta dari misi kami, berbagi pengetahuan teknis dan prinsip mengemudi hemat bahan bakar pun dibagi dengan rekan-rekan mereka. Di samping itu juga berperan sebagai motivator untuk meningkatnya jumlah pengemudi truk,” jelas Valery (31/5).

Menurutnya, peranan pengemudi dalam mencapai efisiensi bahan bakar sangat penting demi penghematan biaya bagi perusahaan dan industri serta dampak positif untuk lingkungan.

Erwinsyah yang mengendarai Volvo FH16 saat menjajal lahan On-road pun mengaku kesulitan menjaga Rotation Per Minute (RPM) agar tetap stabil di area zona hijau. “Treknya lumayan susah karena banyak gundukan yang bikin RPM down,” ujarnya.

Zona hijau tersebut merupakan indikator yang menunjukkan seberapa hemat efisiensi bahan bakar yang kita gunakan saat mengendarai Volvo.

Sementara Sualdi punya tips dalam menjaga RPM agar tetap berada di zona hijau, yakni dengan mengurangi pengereman kaki.

Nantinya, Sualdi dan Erwinsyah juga bakal mewakili Indonesia untuk bersaing dengan pengemudi truk dari negara lain dalam ajang final global Fuelwatch Challenge 2016 di Swedia pada September mendatang.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top