Rabu,15 Juni 2016 16:30 WIB

Penulis: Harryt MR

OTOMOTIF Traveling

Yuks, Ngabuburit Di 'Perancis'

Foto: EDO

Tak perlu jauh-jauh ke Perancis, cukup sambangi Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jatim

Jakarta - Kapan lagi bisa ngabuburit di Perancis. Yoi sob, berkunjung ke kota Kediri, Jawa Timur, anda bisa mampir ke monumen Simpang Lima Gumul (SLG). Bentuknya yang mirip monumen Arc De Triomphe, di Paris, Perancis, tentu bikin suasana kian sejuk nan romantis. Cocok untuk menghabiskan waktu jelang berbuka puasa alias ngabuburit, selayaknya di Perancis deh suasananya.

Enggak perlu jauh-jauh ke Perancis, monumen SLG memang terinspirasi dari Arc De Triomphe, yang arsitekturnya dibuat mirip dari segi aksen dan profilnya. Alhasil bangunan yang menjadi ikon kota Kediri sekaligus menjadi penanda pertemuan lima simpang jalan.

Memiliki luas 37 hektar secara keseluruhan, dengan luas bangunan 804 meter persegi dan tinggi mencapai 25 meter yang terdiri dari 6 lantai. Angka-angka tersebut mencerminkan hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 Masehi.

Sekadar berteduh anda juga berkeliling untuk melihat-lihat relief serta arca yang menggambarkan sejarah Kediri. Masuk ke area dalam terdapat ruang untuk pertemuan. Kemudian ruang auditorium di lantai atas yang beratapkan kubah, serta ruang serba guna di basement.

Monumen SLG memiliki tiga akses jalan bawah tanah untuk menuju monument. Sepanjang akses jalan bawah tanah terdapat diorama yang menceritakan sejarah serta seni dan budaya Kabupaten Kediri.

Romantisme Di Malam Hari

Suasana makin terasa romantis dikala hari mulai gelap. Pasalnya suguhan lampu-lapu di sekeliling monumen SLG seolah menari-nari memantulkan anggunnya bangunan yang menghabiskan dana Rp 300 miliar ini.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
Cahaya lampu dimalam hari, memantulkan profil monumen SLG. Tampak eksotis

Tak heran, hingga larut malam sekalipun, kawasan monumen SLG tidak pernah sepi pengunjung. Banyak muda-mudi nongkrong menghabiskan malam bersama teman ataupun pacar. Ditambah di seputar kawasan monumen terdapat berbagai pedagang kaki lima yang menjajakan panganan khas kota Kediri.

Bagi yang suka fotografi, bisa mencoba mengambil suasana malam dengan berlatar belakang monumen SLG. Semburat cahaya berpadu dengan anggunnya monument SLG menjadi pemandangan yang eksotis. Apalagi jika foto bersama dengan pasangan berlatarkan monumen SLG, pastinya makin romantis. Cihuy…

EDITOR

Harryt MR

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top