Senin,24 Agust 2015 11:01 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS 2013, Masih Rp 17 Jutaan

Foto: OTO-Denta

How To Buy Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS 2013, Masih Rp 17 Jutaan


Memiliki desain yang sporti dan mesin yang mumpuni, motor ini cukup banyak diminati


Jakarta - Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS pertama kali dirilis pada tahun 2013. Di awal kemunculannya, motor ini sempat menyedot banyak perhatian bikers di Indonesia, sebab motor asal India ini memiliki harga jual sekelas motor sport 150 cc pabrikan Jepang namun memiliki mesin dan fitur yang lebih unggul.

Meski terbilang cukup banyak diminati, namun motor ini terbilang agak jarang dijumpai pada bursa motor bekas. Jika tertarik meminang Pulsar 200NS, baiknya perhatikan beberapa hal. “Jika pemakaian normal, usia dua tahun bisa perhatikan komponen fast moving dan komponen kelistrikan khususnya kondisi aki,” jelas Ahud, mekanik dari Kawasaki Dewi Sartika, Jakarta Timur.


Spidometer analog digital dengan fitur pengingat servis dan shift light

Mesin masih terbilang aman dari problem. Hanya saja banyak yang mengeluhkan kalau suara mesin agak kasar, namun itu bukan dikarenakan ada masalah melainkan memang sudah menjadi ciri khas motor ini.Kemudian pernah juga ditemukan problem pada bagian pendingin mesin yang sudah pakai radiator.

Yaitu kipas radiatornya mati karena ada masalah di bagian dinamo. Kalau sudah begitu mau tak mau harus ganti 1 set kipas radiator.Selebihnya masih tergolong aman, cukup lakukan servis berkala sesuai anjuran pabrik dan ganti oli secara rutin.


Kipas radiator kerap bermasalah, mesin rawan overheat

Meski knalpotnya berada di bagian bawah atau sering disebut ‘underbelly’, tak usah khawatir kemasukan air saat melewati jalan banjir, yang penting mesin dalam kondisi menyala maka aman dari air. Harga Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS lansiran tahun 2013 di pasaran motkas masih berkisar Rp 16 juta hingga Rp 17 jutaan. Kondisi motor dan kelengkapannya tentu mempengaruhi harga jual. • Denta

Data Spesifikasi
Kapasitas mesin: 200 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC, 4-valve, 3 busi
Transmisi: 6 speed M/T

Plus:

1. Mesin kencang
2. Jaringan aftersales service luas
3. Teknologi tiga busi

Minus:
1. Kipas radiator rawan rusak
2. Kelistrikan kerap bermasalah
3. Spare parts orisinal belum tersebar luas

Menakar Biaya Servis

Setelah berhasil membawa pulang, enaknya langsung lakukan pengecekan dan servis. Karena sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi, enaknya lakukan servis di bengkel resmi agar peralatan lebih lengkap. Motor ini dianjurkan melakukan servis berkala tiap 2.000-2.500 km.

Biaya, servis berkala dikenakan Rp 100 ribu, servis besar Rp 450 ribu dan overhaul alias turun mesin sekitar Rp 500 ribuan. Biaya tersebut baru jasa servis saja, belum termasuk spare parts. Untuk motor berusia 2 tahun tak ada salahnya untuk melakukan servis besar agar performa kembali optimal. •

Harga Komponen
Kampas rem depan: Rp 70.000
Kampas rem belakang: Rp 72.000
Oli mesin: Rp 50.000 /liter
Filter oli: Rp 22.000
Radiator coolant: Rp 25.000
Sumber: Kawasaki Jatinegara. Jl. Jatinegara timur No. 36, Jakarta Timur. Telp. (021) 8195522
 


Mesin 200 cc dengan teknologi tiga busi, performa cukup mumpuni



Sokbreker belakang dilengkapi tabung dan adjustable


Knalpot underbelly namun aman dari kemasukan air saat mesin nyala



Dilihat dari segala sisi tetap sporti


EDITOR

Otomotifnet

Top