Minggu,9 Agust 2015 10:29 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Suzuki Shogun SP 2007, Masih Rp 5 Jutaan

Foto: OTO-Denta

How To Buy Suzuki Shogun SP 2007, Masih Rp 5 Jutaan



Sempat menjadi salah satu motor idola anak muda pada masa jayanya. Performa mesinnya juga banyak diandalkan di dunia balap

Jakarta - Pertama dirilis pada tahun 2005, Suzuki Shogun SP banyak memikat konsumen, khususnya anak muda yang gemar kecepatan. Mesin berkapasitas 125 cc yang diusung dilengkapi juga dengan kopling manual dan perpindahan transmisi layaknya motor sport. Tenaga mesin yang dihasilkan juga lumayan baik dan sempat menjadi primadona di masa kejayaannya.

Jika tertarik membeli Shogun Sport Production (SP) generasi pertama ini, cukup banyak daftar perbaikan yang harus diperhatikan. “Cek secara menyeluruh, mulai dari mesin, kaki-kaki, kelistrikan hingga bodi,” tutur Heru, mekanik Suzuki Agung Motor yang berlokasi di Jatimakmur, Bekasi.

Bisa dipahami pemeriksaan memang cukup banyak lantaran sudah memiliki jam terbang cukup tinggi, wajar saja jika jajannya cukup banyak. Pada sektor mesin, pastikan semua komponen dalam kondisi orisinal, seperti karburator misalnya. Akan lebih bagus jika mesinnya masih dalam kondisi standar pabrik dan belum dimodifikasi berat.

Paling utama cek kampas kopling, ring piston dan pastikan suara mesin halus. Motor bebek lansiran Suzuki ini salah satu kelemahannya ada di sektor bodi. Sambungan bodi dan dudukan lampu belakang rawan rusak atau patah, ini membuat bodi bergetar dan berisik. Parahnya, lampu belakang bisa lepas di jalan karena dudukannya rawan patah.

Sektor kelistrikan juga tidak kalah penting. Pastikan seluruh komponen seperti lampu, klakson dan spidometer berfungsi dengan baik. Spidometer motor ini bertipe analog digital, jadi butuh suplai listrik yang prima. Perihal harga Suzuki Shogun SP lansiran tahun 2007 di pasaran motor bekas sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5 jutaan. Harga jual tergantung dari kondisi dan kelengkapan motor. • (otomotifnet.com)

Spesifikasi singkat
Kapasitas mesin: 125 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC
Transmisi: 4 speed M/T

PLus:
1.Mesin kencang dan hemat BBM
2.Spare parts  mudah dan murah
3.Model bodi timeless

Minus:

1.Resale value anjlok
2.Perhatikan kualitas bodi dan sambungannya



 
Menakar Biaya Servis
Kalau habis membeli motor bekas, enaknya langsung pergi ke bengkel untuk melakukan servis berkala serta pengecekan komponen agar ketahuan jika sudah ada yang minta jajan. Untuk Suzuki Shogun SP dianjurkan servis setiap 2.000-2.500 km. Itu kembali ke pemakaiannya, jika motor bekerja lebih keras misalnya seperti sering kena macet, jadwal ganti oli bisa lebih cepat.

Biaya servis ringan dikenakan sekitar Rp 30 ribu, meliputi pembersihan karburator, penggantian oli, pengecekan serta setel klep dan lainnya. Sedangkan untuk servis besar biayanya Rp 90 ribu dan overhaul Rp 150 ribu. Biaya tersebut baru jasa saja, belum termasuk spare parts. Kalau gir set sudah minta jajan, jasa pasangnya sekitar Rp 20 ribu saja. •
 
Harga Komponen
Busi Rp 15.000
Kampas rem depan Rp 38.500
Kampas rem belakang Rp 52.000
Kampas kopling Rp 72.000 /set
Oli mesin Rp 32.500
Gear set Rp 132.000
Filter udara Rp 38.000
Filter oli Rp 10.000
Sumber: Suzuki Agung Motor. Jl. Raya Jatikramat No. 1 Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi. Telp. 021-70754578






Pelek cast wheel sama seperti Satria F150 dan banyak diincar modifikator


Leher knalpot rawan karat jika kurang perawatan


Cek secara teliti bagian mesin, pastikan tidak ada rembesan oli



Volume bagasi lumayan besar, cocok untuk mobilitas sehari-hari




EDITOR

Otomotifnet

Top