Rabu,30 Sept 2015 06:38 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Yamaha Mio Soul Tahun 2012, Ini Check List-nya!

Foto: OTO-Denta

How To Buy Yamaha Mio Soul Tahun 2012, Ini Check List-nya!


Meski sudah memasuki era skutik injeksi, peminat Yamaha Mio Soul masih tetap ada. Mesin bandel dan kemudahan modifikasi membuatnya tetap diminati


Jakarta - Yamaha Mio Soul pertama dirilis pada tahun 2007. Dengan bodi yang cukup besar dan kekar, skutik yang masih satu keluarga dengan Mio ini ditujukan untuk laki-laki dengan tampilan yang lebih maskulin.

Urusan spare parts tidak usah diragukan lagi, sudah banyak tersebar hingga penjuru Nusantara karena bisa subtitusi dengan punya Yamaha Mio. Tergolong mudah dan murah jika dimodifikasi baik tampilannya hingga sektor mesin. Namun karena sudah memasuki usia yang terbilang tidak muda, butuh beberapa perhatian lebih sebelum membeli.

“Yang utama perhatikan sektor mesin dan CVT, kemudian cek kaki-kaki dan kelistrikan karena motor ini sudah tidak terbilang muda lagi,” ujar Arif, mekanik Wijaya Motor Yamaha yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim.

Sektor mesin dan CVT wajib diperhatikan karena dapur pacu motor ini sangat mudah dimodifikasi, pastikan kondisinya dalam keadaan baik dan suaranya halus, lebih baik kalau masih full standar pabrik.

Kemudian pada sektor kaki-kaki, perhatikan kondisi sokbreker depan belakang, bearing roda depan dan kondisi segitiga roda depan. Pastikan semua dalam kondisi baik agar tidak menambah banyak daftar belanjaan.

Sektor kelistrikan juga tak kalah penting. Karena mudah dan part modifikasinya banyak, bagian kelistrikan juga menjadi salah satu yang sering diutak-atik. Pastikan seluruh lampu, klakson dan starter bekerja normal.

Harga Yamaha Mio Soul lansiran tahun 2012 ini merupakan generasi terakhir sebelum berubah menjadi Soul GT. Harga di pasaran motor bekas berkisar Rp 6 juta hingga Rp 7 jutaan, tergantung dari kondisi dan kelengkapan motor. • (otomotifnet)


Spidometer jelas dan mudah dibaca, desainnya terinspirasi pesawat tempur


Volume bagasi kecil, namun bisa untuk menyimpan jas hujan


Perhatikan kondisi piringan rem, sudah termakan atau belum



Ruang kaki luas, memudahkan jika bawa barang


Cek kondisi jeroan CVT, ganti jika sudah minta jajan



Desain bodi lebih gagah yang ditujukan untuk lelaki


Plus:
1. Mesin bandel dan mudah dimodifikasi
2. Spare parts
3. mudah dan murah
4. Model awet

Minus:

1. Konsumsi BBM agak boros
2. Volume bagasi kecil
3. Akselerasi agak lambat

Spesifikasi singkat
Kapasitas mesin: 113 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC
Transmisi: A/T CVT

Menakar Biaya Servis
Setelah membawa pulang, alangkah baiknya jika langsung melakukan perawatan. Buat servis berkala Yamaha Mio Soul, biayanya Rp 40 ribu, servis besar sekitar Rp 175 ribuan dan overhaul mesin dikenakan biaya Rp 250 ribu.

Jika ditemukan gejala gredek pada CVT, disarankan untuk overhaul CVT buat membersihkan dan mengganti part yang bermasalah, biayanya mulai dari Rp 50 ribu. Biasanya yang dicek atau diganti yaitu roller, belt dan kampas kopling.

Jika bermasalah dengan sistem kelistrikan, ada juga menu servisnya. Untuk perbaikan sistem kelistrikan ringan biayanya Rp 35 ribu, dan perbaikan sistem kelistrikan berat dikenakan Rp 75 ribu. Semua biaya di atas hanya jasa saja, belum termasuk spare part. •

Harga Komponen
Busi : Rp 12.500
Kampas rem depan : Rp 75.000
Kampas rem belakang : Rp 44.000
Oli mesin : Rp 33.000
Oli gear : Rp 10.500
Roller : Rp 57.000 /set
Belt : Rp 77.000
Filter udara : Rp 37.000
Aki : Rp 214.000
 Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur.
Telp. 021-8411355











EDITOR

Otomotifnet

Top