Minggu,18 Okt 2015 09:05 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Yamaha Vega ZR 2013, Siapkan Dana Rp 7 Jutaan

Foto: OTO-Denta

How To Buy Yamaha Vega ZR 2013, Siapkan Dana Rp 7 Jutaan


Bebek entry level Yamaha yang satu ini terkenal tangguh dan irit sejak dulu. Banyak juga dimanfaatkan sebagai motor operasional


Jakarta - Pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 2010, Vega ZR merupakan suksesor dari Vega R yang bermesin 110 cc. Perubahan yang ada pada Vega ZR terbilang menyeluruh, mulai dari mesin 115 cc hingga desain bodi baru. Sayang penjualannya tidak secerah sang kakak yakni Vega R.

Motor ini cukup diminati karena memiliki konsumsi BBM yang irit meski masih mengusung sistem bahan bakar karburator. Selain itu juga terkenal tangguh karena siap untuk dipakai segala macam aktivitas, baik pemakaian pribadi maupun niaga. Di balik segala kelebihannya, tetap perhatikan beberapa hal mengingat ini adalah motor seken.

“Jika baru berusia satu tahun biasanya belum banyak parts yang minta jajan. Masalah yang biasa ditemukan jika jam terbang sudah tinggi biasanya ada pada ring piston dan kampas kopling yang mulai menurun performanya,” tutur Jenggo, dari Jeng’s Speed yang berlokasi di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Sistem kopling yang dianut Vega ZR adalah model diafragma, hanya menggunakan dua kampas kopling saja. Volume bagasi yang dimiliki oleh Vega ZR juga cukup besar, bisa untuk menampung jas hujan dan perlengkapan lainnya. Didukung pula dengan riding position dan jok yang empuk bisa menambah kenyamanan berkendara.

Harga di Yamaha Vega ZR tahun 2013 di pasaran motor bekas masih berkisar Rp 7 juta hingga Rp 8 Jutaan. Kondisi motor ikut mempengaruhi harga jual. • (otomotifnet.com)


Desain bodi baru, headlamp dan lampu sein terpisah


Spidometer analog simpel dan mudah dibaca



Volume tangki BBM dan bagasi cukup besar


Cek kondisi gir set, biasanya mulai aus jika jam terbang tinggi

Plus:
1. Hemat BBM
2. Mesin bandel dan responsif
3. Spare parts
4. cukup terjangkau

Minus:

1. Belum menggunakan sistem injeksi masih karburator
2. Desain bodi kurang praktis saat melakukan servis

Data Spesifikasi

Kapasitas mesin: 115 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC
Transmisi: M/T 4 speed


Menakar Biaya Servis
Jika melakukan servis di bengkel resmi Yamaha, motor ini dianjurkan servis setiap 3.000 km. Buat servis berkala biaya yang dibutuhkan yaitu Rp 37,5 ribu dan jika membutuhkan overhaul mesin biayanya sekitar Rp 250 ribu. Untuk penggantian kampas kopling biaya yang dikenakan cukup Rp 35 ribu saja.

Kemudian biaya untuk penggantian gir set dikenakan Rp 30 ribu. Buat biaya perbaikan kelistrikan dikenakan biaya sekitar Rp 35-75 ribu. Biaya-biaya tersebut di atas hanya jasa saja, belum termasuk penggantian parts. •

Harga Komponen
Busi Rp 12.500
Kampas rem depan Rp 75.000
Kampas rem belakang Rp 49.000
Oli mesin Rp 32.500
Gir set Rp 163.000
Kampas kopling Rp 78.000
Filter udara Rp 32.000
Filter oli Rp 25.000
Sumber: Wijaya Motor Yamaha,
Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur.
Telp. 021-8411355







EDITOR

Otomotifnet

Top