Kamis,17 Nov 2016 15:30 WIB

Penulis: rio

OTOMOTIF Jelajah Amerika

Ack Attack Top 1 Motorcycle, Demi Angka Keramat 400 MPH

  • Foto: Rio

    Ini dia rahasia jadi yang terkencang, dua mesin milik Suzuki Hayabusa yang menghasilkan tenaga 1.000 dk hanya untuk roda belakang

  • Foto: Rio

    Komponen paling sulit dibuat, rantai untuk menyelaraskan putaran antar-mesin

  • Foto: Rio

    Ban slick special order dengan pelek aluminum, tinggal tersisa 2 set yang terpasang untuk memecahkan rekor kecepatan baru

  • Foto: Rio

    Ken Puccio (kanan) dan Jose. Tim mekanik yang membangun dari awal Ack Attack dan berambisi menembus rekor 644 kpj secepatnya

  • Foto: Rio

    Indikator sangat sederhana, cukup lampu peringatan apabila putaran mesin sudah sampai batasnya. Sementara operasional gas dan kopling masih sama seperti motor pada umumnya

  • Foto: Rio

    Tangki bahan bakar hanya cukup sekitar 17 liter yang diletakkan di belakang jok rider

Las Vegas - Main di booth oli Top 1 di AAPEX (02/11) lalu, Ack Attack, sepeda motor yang jadi andalan memecahkan rekor kecepatan di darat terpajang dengan manisnya. Pas juga, seluruh bodi yang terbuat dari karbon sedang dibuka. Langsung saja kulik isinya yuk.

Sampai saat ini, rekor kecepatan tertinggi sepeda motor masih dipegang Ack Attack, dengan kecepatan tertinggi 376,36 mph atau lebih dari 605 kpj. Sayang, target mengejar angka keramat 400 mph atau sekitar 644 kpj tidak jadi dilaksanakan sesaat sebelum gelaran AAPEX.

“Akibat cuaca buruk dan kondisi lintasan tidak memenuhi syarat, jadi di-pending dulu,” terang Rocky Robinson, rider yang mengendarai.

Rahasianya adalah 2 mesin milik Suzuki Hayabusa yang menghasilkan kapasitas total 2.598 cc. Dirangkai seri, masih ditambah sebuah turbocharger Garret. Hasilnya adalah tenaga total sekitar 1.000 dk!

Pasti butuh konsol untuk menyatukan dan supaya gerakan antar-mesin bisa selaras. Komponen ini terletak di sisi kanan mesin. Melanjutkan ke penggerak rantai, giliran sisi kiri yang jadi pusat penerus tenaga ke roda.

“Penghubungnya menggunakan rantai dan ada tensior sebagai toleransi getaran dan ini komponen paling sulit pembuatannya,” papar Ken Puccio, Crew Chief yang merancang sekaligus membuat seluruh sasis.

Sementara sistem suspensi pakai swing arm dengan sokbreker coilover Penske. Hanya saja, gerakan roda sangat terbatas hanya sekitar 240, mentok dari kiri ke kanan. “Hanya supaya masih bisa mutar kalau selesai run ambil data kecepatan,” ujar Rocky. 

Bannya sendiri special order dan kini pakai Mickey Thompson. “Sekarang tinggal 2 set ini yang tersisa. Makanya disimpan untuk nanti jalan lagi,” sambung Ken lagi.

Rencananya, tim Ack Attack akan menyempurnakan setingan untuk meningkatkan rekor kecepatan di 400 mil per jam atau sekitar 644 kpj!

Makin penasaran nih semoga Otomotifnet.com bisa nyoba deh tahun depan.

 

EDITOR

rio

Top