Rabu,12 Okt 2016 11:07 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Honda Blade & Sonic 150R Pacuan PON XIX, Semua Satu Spek

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Modifikasi Honda Blade & Sonic 150R 2016 PON Jawa Barat

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Modifikasi Honda Blade & Sonic 150R 2016 PON Jawa Barat

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Suspensi belakang Honda Blade, pakai KYB Zeto Racing, tampilannya sama seperti KYB Zeto yang dijual untuk motor harian

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Knalpot racing buatan SND, lumayan dongkrak performa meski spek mesin standar pabrik

  • Foto: DAB

    Modifikasi PON

Semua motor yang dipakai dalam PON XIX di Jawa Barat, spesifikasinya benar-benar sama persis agar skill pembalap jadi dominan

Tasikmalaya - Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat kembali mempertandingkan olah raga balap motor yang tahun ini menggunakan Motor Modifikasi Honda Blade dan Honda Sonic 150R untuk balap di kategori 125 dan 150cc.

Spesifikasinya benar-benar sama persis, semua enggak boleh diotak-atik agar skill pembalap jadi dominan.

Modifikasi Honda Blade & Sonic 150R 2016
 

“Motor yang kami siapkan hanya diubah footstep, sokbreker belakang, ban dan knalpot. Bahkan ECU saja tidak kami utak-atik agar tidak begitu jauh perbedaanya antara satu motor dengan yang lain,” ujar Eddy Horison selaku Komisi Balap Motor PP IMI.  Karena semua standar, pastinya jadi tantangan buat pembalap.

“Bagi saya cukup sulit awalnya saat bawa motor ini, sudah lama tidak bawa motor underbone. Namun pas balapan bisa beradaptasi dan bisa merangsek ke grup terdepan setelah start dari grid 13,” kata Galang Hendra, pembalap Yamaha di Asia Road Racing Championship yang sukses bawa medali emas di kelas 150 cc beregu untuk kontingen Yogyakarta.

Yuk lihat ubahannya. Untuk footstep dan knalpot racing semua pakai produk SND, sedang ban ada pilihan pakai FDR MP 76 dan Sport XR. Untuk suspensi, KYB jadi suplayer tunggal lewat produk Zeto-nya. Totalnya, sokbreker yang disupport PT KYB Indonesia ada 150 set, untuk Blade 75 set begitu juga dengan Sonic 150R.

“Untuk yang Honda Blade, secara tampilan sama dengan KYB Zeto yang dijual dipasaran. Tapi karena ini special order khusus racing use, beda pada karakter damping force yang lebih keras dan berisi gas,” ungkap Yandi Hermanto, Product Manager KYB & Federal Part PT Astra Otoparts (AOP).

Sedang suspensi belakang KYB Zeto untuk Sonic 150R benar-benar special request karena belum ada versi street use-nya. Akan diproduksi massal juga dong? “Selama ada permintaan dan sesuai dengan tag line, performance with style akan dipertimbangkan” tutup Yandi. Oke deh! • (DAB, Popo / otomotifnet.com)

Modifikasi Honda Blade & Sonic 150R 2016
 

Plus: Modifikasi simpel banget untuk balap
Minus: Tampilan motor kurang rapi, rumah lampu dibiarkan bolong dan tanpa sepatbor depan bikin tampilan ala kadarnya 

Data Modifikasi:
Footstep : SND
Knalpot racing : SND
Ban : FDR MP 76 & Sport XR.
Suspensi : KYB Zeto

EDITOR

Dimas Pradopo

Top