Sabtu,27 Agust 2016 12:15 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Honda CB200 1976, Pilihan Selain Restorasi

  • Foto: ronie/otomotifnet

    Knalpot HD wajib dikawinkan dengan leher custom

  • Foto: ronie/otomotifnet

    Suspensi belakang model classic sesuaikan tema

  • Foto: ronie/otomotifnet

    Rumah spido dikerjakan dengan rapi

  • Foto: ronie/otomotifnet

    Desain buntut sesuaikan rangka, enggak membulat tapi sedikit meruncing

  • Foto: ronie/otomotifnet

    Cover headlamp dibuat sendiri dari plat besi, kalau pakai visor pasti lebih keren ya?

  • Foto: Ronie

    CB200 Cafe Racer

Awalnya ingin motor ini direstorasi. Namun butuh kesabaran dan effort lebih. Cara singkat ya mending dicustom saja

Surabaya - Jika modifikasi di atas, di halaman 14 ini, bergaya cafe racer modern, kalau yang ini mengejar kesan klasik. Bahan modifikasinya juga sudah klasik, keluaran 1976 sob! Tinggal dikuatkan saja sesuai konsep. Tentunya dengan detailing yang keren ala Minority Custom Motorcycles, Surabaya.

“Lima tahun belakangan gaya modifikasi café racer masih menjadi sebuah tren yang masif. Konsep ini sangat fleksibel. Bahkan dengan hanya melakukan ubahan yang minimalis, gaya ini sudah dengan mudah diaplikasi,” bilang Jonathan Evan sambil menunjuk Honda bermesin twin, CB200 garapannya.

Pemahaman ini diamini Jimmy Foris sang pemilik motor. “Awalnya ingin motor ini direstorasi. Namun harus berpikir ulang untuk itu. Butuh kesabaran dan effort lebih. Cara singkat ya mending dicustom saja. Dan tongkrongan café racer saya rasa paling cocok,” terang Jimmy. Dari tampilan tangki, frame hingga mesin semuanya sangat mumpuni untuk jadi cafe racer. Rombakan pertama yang dilakukan adalah utak-atik sektor rangka.

Honda CB200 1976, Surabaya Pilihan Selain Restorasi
 

Modifikator yang disapa Jo ini melakukan revolusi rangka dari tengah hingga belakang.  Dirombak untuk mendapatkan posisi duduk lebih datar. Uniknya rangka pada ujung buntut tidak benar-benar membulat tapi agak meruncing agar tampil beda. Tangki juga mengalami sentuhan, Jo melakukan customizing agar penyimpang bahan bakar ini lebih terlihat ramping dan simpel.

Selain tangki dan buntut yang dibuat ulang dari plat besi dengan proses handmade, diracik juga kotak penyimpan perangkat elektronik di bawah jok. Oiya, cover headlamp juga dibuat sendiri tanpa mika transparan. “Untuk komponen lain tinggal merapikan, seperti mesin dan beberapa bagian yang kusam kita lakukan repainting saja,” tutup Jo. Mesinnya hitam dipadu pernik krom. Keren juga! (Otomotifnet.com / Ronie)

Plus: Detailing maksimal tampil rapi
Minus: Desain visor kurang menarik

Data Modifikasi
Pelek depan : 1,85x17
Pelek belakang : 2,15x17
Bodi : Custom
Tangki : Custom
Swing arm : Custom
Setang : Custom
Visor : Custom
Knalpot : Custom
Sok depan : Custom
Sok belakang : YSS
Minority Custom Motorcycles : 089677916303

EDITOR

Dimas Pradopo

Top