Jumat,13 Nov 2015 12:08 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Honda CB500X, Riset Aksesori Berjalan

Foto: OTO-RIAN

Modifikasi Honda CB500X, Riset Aksesori Berjalan


Iya nih, beli motor untuk produksi dan promosi aksesori, hehee...


Jakarta - Dari zaman main Bajaj Pulsar sampai Kawasaki Versys, Rial Hamzah tak hanya terkenal doyan turing, tapi juga jago bikin beragam aksesorinya, misal raiser dan engine guard. Nah, setelah meminang Honda CB500X pun demikian, motor baru ini langsung jadi bahan eksperimen.

“Iya nih, beli motor untuk produksi dan promosi aksesori, hehee...,” kekeh Rial juga pemilik bengkel Syndicate Motor Indonesia. Maklum bengkelnya jadi authorized dealer brand Coriaz, yang produknya salah satunya dikembangkan oleh pria 25 tahun ini. 

“Itu yang nempel kebanyakan prototype, jadi itu motor untuk ngemal lalu langsung pasang dan tes jalan sebelum diproduksi massal,” urai pebengkel yang beralamat di Jl. Inspeksi Saluran No. 4 Kalimalang, Jaktim. Ada apa saja?

Paling jelas ada engine guard dan body guard, sehingga kalau sedang apes terjatuh, kerusakan pada mesin dan bodi tak terlalu parah. Bahan yang digunakan pakai pipa seamless, “Pakai yang berdiameter 22 mm,” terangnya.
 
Lanjut lihat bodi belakang, sudah dikelilingi dudukan boks. “Itu side rack dan top bracket juga saya yang rancang,” bangga Rial. Untuk bagian ini pakai pipa seamless diameter 16 mm. Sehingga saat jalan jauh bisa bawa 3 buah boks sekaligus. 

Geser ke bawah, lihat sisi belakang ban, ada splash guard yang siap menahan cipratan lumpur dari ban Shinko berkembangan model kasar. Dudukannya diikatkan ke lengan ayun sisi kiri. Produk lain yang tak kalah berguna ada center stand atau standar tengah. 

“Penting banget untuk memudahkan saat cuci motor, maklum motor turing biasanya kotor banget kan?” tanya pria yang sedang menanti kelahiran putra pertamanya ini. Ubahan lain juga efek dari proses research and development, “Itu ganti warna karena bodi lecet-lecet waktu pengemalan, jadi cat ulang saja,” tutup Rial yang memilih warna putih agar terlihat besar.

Setelah ini bikin apa lagi ya? • (otomotifnet.com)


Penuh dengan aksesori yang mendukung turing jauh


Lampu tambahan juga menempel di body guard




Engine dan body guard, biar enggak gampang lecet


Dudukan boks, penting banget untuk pencinta turing


Splash guard, jadi ingat Ducati Diavel nih


Data modifikasi:
Ban: Shinko 120/70-17 & 170/60-17
Lampu: HID Hylux 50 Watt
Spotlight: Aurora 30 Watt
Engine guard: Coriaz
Body guard: Coriaz
Splash guard: Coriaz
Rear rack: Coriaz
Side rack: Coriaz
Center stand: Coriaz
Windshield: Puig
Hand guard: Barkbuster
GPS: Garmin Nuvi
Jok: custom
Raiser: Pullback
Knalpot: Akrapovic
Syndicate Motor Indonesia : 081283133892

EDITOR

Otomotifnet

Top